Senin, 17 Oktober 2016

Kemudahan dan Keuntungan Melakukan Booking Hotel via Online Travel Agent (OTA)

Koleksi pribadi
Tingkat mobilitas masyarakat yang semakin tinggi, mengharuskan cara cepat dengan bantuan tekhnologi. Hampir semua aktivitas melibatkan perangkat teknologi, termasuk untuk keperluan traveling. Apa kaitannya dengan traveling? Tentu saja mengenai kemudahan yang bisa Anda dapatkan saat persiapan perjalanan liburan Anda melalui jaringan internet. 



Saat ini telah tersedia beragam layanan melalui situs Online Travel Agency. Data dari beberapa media online menyebutkan bahwa penggunaan OTA telah mengalami peningkatan pesat. Sebagian besar penggunanaya telah merasakan banyak manfaat, salah satunya untuk perihal pemesanan hotel yang sering kali mengalami kendala. Lalu, apa saja info mendetail tentang keuntungan booking hotel melalui OTA? Let’s check it out:


Pilihan Hotel yang beragam
Hotel menjadi kebutuhan pokok para traveler, terutama saat berada di luar kota. Kenyamanan mendapatkan fasilitas dan harga yang sesuai dengan budget serta harapan, juga menjadi poin plus yang bisa Anda dapatkan dari jasa OTA. 
Pilihan berbagai jenis hotel, mulai dari hotel bintang tiga hingga bintang lima, bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui website yang disediakan masing-masing OTA. Beberapa diantaranya adalah Traveloka, Mister Aladin, Pegipegi, Agoda dan masih banyak lainnya. Review tentang kepuasan pelanggan juga bisa Anda pantau melalui website OTA. Hal tersebut bisa menjadi info tambahan sebelum Anda memesan hotel.


Update harga dan ketersediaan kamar
Harga dan ketersediaan kamar adalah hal yang perlu diketahui dengan pasti. Harga yang tertera di situs OTA bisa membantu Anda memperoleh info terupdate dari masing-masing hotel. Harga terbaik juga bisa Anda dapatkan tanpa perlu mendatangi hotel atau pun menghubungi pihak hotel melalui via telepon. Apalagi terkadang pihak hotel melakukan perubahan harga di waktu-waktu tertentu, maka kemungkinan terjadinya biaya tambahan bisa diminimalisir sedini mungkin.  


Cara pemesanan dan pembayaran yang praktis 
Setelah selesai melakukan pencarian hotel dengan harga terbaik, Anda bisa melakukan booking hotel secara online. Cara pemesanan dan pembayaran dapat Anda lakukan dengan mudah pada situs yang Anda buka. Langkah awal adalah mengisi form registrasi online atau data pemesan dan menentukan tanggal pemesanan.
Mengenai pembayaran juga bisa dilakukan lebih mudah dengan beberapa opsi seperti melalui transfer online baik melalui aplikasi mobile banking maupun mesin ATM yang tersedia. Anda juga bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit. 


Sumber: lifestyle.liputan6.com



Terhindar dari biaya tak terduga  
Biaya tak terduga bisa timbul saat Anda melakukan direct booking hotel. Hal ini bisa terjadi karena tindakan tak bertanggungjawab dari beberapa oknum karyawan hotel. Kejadian semacam ini tentu sangat bisa dihindari ketika Anda melakukakan booking online. Harga keseluruhan sudah tertera jelas di website, include pajak, dan semua fasilitas yang akan Anda dapatkan. 


Mendapat Promo harga 
Agenda liburan yang terencana baik tentu akan memudahkan dan membuat rasa nyaman bagi Anda saat berada di tempat tujuan. Selain persiapan biaya yang tengah Anda recanakan, tentu juga melihat kemungkinan baik akan penawaran. Beberapa Online Travel Agency sering kali memberi penawaran dan diskon harga tiket perjalanan dan tempat penginapan. Promo harga hotel juga akan sering Anda dapati pada hotel-hotel yang baru meresmikan pembukaannya. 


Anyway, jasa OTA memang akan memberi pilihan tepat untuk Anda. Hal yang perlu Anda perhatikan hanyalah mengenai ketersediaan fitur di smartphone dan juga jaringan internet di laptop ataupun mobile phone Anda. Jika ada jalan dan cara yang lebih mudah, kenapa Anda masih mempertahankan cara lama?! Aduh, tapi saya belum gajian nih… Tidak masalah dong… Rencana sebaiknya dipikirkan dari jauh hari. Jadi, segera rencanakan moment berharga Anda bersama keluarga sekarang juga ya. May you have the best holiday ever.


22 komentar:

  1. Melakukan booking hotel sebaiknya lewat online saja terutama jika berencana liburan ke luar kota. Sehingga ketika kita tiba di kota tujuan tempat beristirahat sudah jelas. Kalau harus memesan hotel secara dadakan dan kamar sudah dipesan semua, bisa cape gara-gara pusing nyari hotel :D

    BalasHapus
  2. Traveler ngak perlau takit kemana2 mah kalau sudah gini mba. Fasilitasnya sangat memudahkan

    BalasHapus
  3. sebagai pecandu traveling, aku ga bisa lepas dr OTA.. di hp ku, kebanyakan aplikasinya ya OTA ini.. mulai dr skyscanner, wego, tripadvisor, agoda, traveloka, travelio, pegi2.. hahahah banyak poonya.. itu salah satu cara slma ini aku bisa traveling dgn tiket murah sih mba.. krn rajin pantengin semua aplikasi td :D

    BalasHapus
  4. Yang penting smartphone dan koneksi bersahabat ya Mba, lancaar semua pesanan dimana pun berada.
    OTA ini makin memanjakan para pecinta liburan aja niy :)

    BalasHapus
  5. Bang bing bung dl yg rajin yaa..
    Krn traveling kemana aja kapan aja sangat mudah jaman sekarang.

    Assikk banget.

    BalasHapus
  6. Nah iya.. pakai OTA jadi lebih mudah. Dan menurut saya yg lebih seru itu banyak diskonannya.. :-)

    BalasHapus
  7. OTA bikin jadi gampang pilih2 hotel plus ceki2 diskonnya :D

    BalasHapus
  8. Sekarang, mau travelling saja sudah gampang ya? Ngga perlu takut yabg namanya ngga kebagian hotel atau tiket

    BalasHapus
  9. Pakai OTA emang memudahkan banget..aku kmana2 pakai online, lebih mudah dan murah

    BalasHapus
  10. Nah iya mbak, harga tetap nggak ada tambahan apapun, jadi nggak waswas :D

    BalasHapus
  11. Baru tahu ada OTA mba. Jadi tertarik karena bisa dapat diskon. Hihii

    BalasHapus
  12. Lebih enak memang booked online Mbak, jadi ngga perlu susah-susah nyari hotel lagi pas di tempat.

    BalasHapus
  13. Jaman digital seperti sekarang memang sangat memanjakan para traveler. Nggak perlu capek hunting tiket dari agen satu ke agen yang lain. Tinggal modal smartphone dan internet, was wuuss dan tinggal pilih harga yang cocok.

    BalasHapus
  14. Wah liburan makin gampang ya..apalagi kalau bawa toddler yg butuh tempat nyaman dan pas di kantong..

    BalasHapus
  15. Traveling jadi lebih mudah & nyaman ya mbak :)

    BalasHapus
  16. tinggal gunakan smartphona dan langsung bisa menikmati fasilitas yang diinginkan. dunia terasa sangat indah dengan kemudahan teknologi hehehe

    BalasHapus
  17. Saya cintaa banget sama OTA, benar-benar memudahkan dan banyak promo! :D

    BalasHapus
  18. Kalo sudah masuk eranya sekarang, pasti gak ketinggalan sama OTA, travel biasa mah lewat haha, jrang ada promo

    BalasHapus
  19. Bener banget ini, jadi kita bisa menyesuaikan biaya yang keluar hehhehhe

    BalasHapus
  20. Mb aku suka kecele, pas uda fix buking taunya keesokan harinya harga lebih murce hihi
    Kudu cari strategi waktu yang pas

    BalasHapus
  21. gue sih masih males pake2 website macem agoda, traveloka (kalo di Indo) or Travelocity, trivago (US/Canada) kecuali kalau udah mandek gak ada pilihan lagi sih haha secara ada frequent flyer rewards dari alliance para airlines sama hotel-hotel..:)

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box