Senin, 03 Oktober 2016

Batik Day 2016

Tanggal 2 Oktober 2009 adalah  hari ketika UNESCO menetapkan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). 

Seperti halnya juga ulos, kain batik ini bukan sekedar kain tradisional yang jadi ciri khas suatu suku. Ada yang dapat digunakan untuk melihat status seseorang dan macam-macamnya juga banyak. Kalau mau membeli yang asli banget harganya dapat dipastikan mahal. Well, you know, ada harga ya ada barang. Tidak seperti dulu, pemakaian baju etnik lebih fleksibel dan bisa untuk semua acara. Kalau jaman saya dulu sih, baju batik itu sudah harganya mahal, modelnya itu lagi itu lagi eh hanya bisa digunakan saat acara resmi atau pesta. Saya hanya ingat bahwa dulu mama dan papa saya sempat dagang baju batik. Iya, baju batik kan sudah dianggap baju resmi untuk menghadiri acara-acara di kantor dan semacamnya. Nah, kebayang gak kamu tinggal di Indonesia bagian timur pelosok sebelah mana tapi harus mengenakan baju batik? Jaman dulu mana ada beli online om dan tanteeee... Ribet kan?

Untunglah sekarang, memakai batik tidak pakai acara bikin sakit kepala. Perlu untuk urusan kantor tidak sempat ke mall, tinggal browsing. Sudah punya baju atasan batik, tapi berasa kependekan tinggal dipadukan dengan legging atau jegging. Batik juga sudah ada dalam bentuk kulot atau celana harem. Atau bikin manis baju terusan warna hitam dengan scarf batik juga boleh banget. 





Jujur saja, karena jarang beli. pengetahuan saya tentang baju etnik termasuk batik sangat minim pake banget. Jadi ya tidak heran, koleksi baju etnik saya juga tidak banyak. Baru akhir-akhir ini saja saya tergerak untuk membeli. Kadang minta ditemanin sama teman, karena saya tidak tahu mana yang asli dan mana yang sebenarnya harganya tidak semahal itu. Mata saya belum ahli untuk membedakan.






Makanya sempat kejeblos ketika membeli online yang saya ceritakan di postingan ini. Karena tidak teliti, harga yang mahal tidak menjamin dapat barang dengan kualitas bagus. Asli saya menyesal habis deh membeli baju online. Setiap kali saya membeli baju online, pasti deg-degan kayak mau ketemu pacar sama keluarganya. Baru lega ketika barang datang dan ternyata sesuai dengan harapan.




Baju batik terakhir yang saya beli sebenarnya bisa dibeli online. Tapi saya menemukan baju tersebut ketika sedang ada bazaar. Jadi saya bisa melihat sendiri, bajunya bagaimana dan cocok atau tidak. Dan pastinya bukan batik yang asli dibuat sendiri dengan tangan lah yauw...




Yang paling saya suka justru batik top satu ini, hasil satu-satunya yang sukses beli online tanpa penyesalan. Kocaknya baju tersebut saya pakai tahun lalu di Lotte Shopping Avenue & tahun ini saya gunakan lagi di tempat yang sama. Tepat pada tanggal 2 Oktober 2016, di lokasi yang sama pula. Tapi kok saya kayaknya agak gemukan ya... Hmmm, mulai deh :))))


Ohya, bagi teman-teman di Jakarta yang tertarik belajar membuat batik sendiri coba deh datang langsung ke sini. Ada yang mau nemenin saya? Saya juga jadi ingin mencoba nih... *halah, bikin doodle aja gak ada yang beres...*

Dan bagi rekan-rekan yang punya produk handmade dan ingin dipromosikan via blog saya, silahkan banget hubungi saya. Kirimkan saja salah satu produk kalian untuk saya gunakan, dan imbalannya saya review gratis deh di blog ini. Ditunggu ya :)

7 komentar:

  1. hahahaha ga sadar y mba ternyata pake yang sama juga :p ga kok mba ga gemuk cuman sedikit berisi *dilempar sendal :p

    BalasHapus
  2. wah iya kemarin hari batikk.. duh aku udah lama nggak ngebatik nih sejak di Ruteng hihihi..
    emang berbatik bkn kita terlihat Indonesia sekali yahh hhehehe

    BalasHapus
  3. mbaaa... saya kok fokus ke foto mba ria yg paling atas, keliatan imut dan cantik hehe... batik2nya juga bagus2 :)

    BalasHapus
  4. Begitu istimewanya batik. Sampai2 Nelson Mandela sangat senang menggunakannya.

    BalasHapus
  5. aku pengeeeen belajar membatik mbaa..pernah tapi udah lamaa banget :). Catiknya cakep-cakep :)

    BalasHapus
  6. Huaa...mbak Ria cantik banget. Itu yang rambut panjang mbak Ria juga? Pangling je, agak beda :)

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box