Rabu, 18 Mei 2016

Tragedi Tanggal Tua

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.


Tragedi?

Iya, saya katakan seperti itu karena saya tidak kapok-kapok untuk mengulangi lagi tragedi demi tragedi saat tanggal tua mulai hadir. 

Derita tanggal tua biasanya dimulai pada tengah bulan atau sekitar tanggal 15-an ke atas deh… Kalau lewat meme jaman sekarang biasanya awal gajian dimulai nongkrong di kafe, maka tanggal 15-an ini kopi sachetan beraksi dan akan diakhiri dengan permen rasa kopi. Itu menurut meme… Coba saya ingat, ingat, jangan-jangan saya minum air putih panas doang pas tanggal tua tua banget. Kidding…

Sebenarnya hal-hal ini bisa dihindari dari awal agar pas tanggal tua nih, gak menohok banget… tapi…

Nongkrong bareng
Jaman sekarang nongkrong bareng gak cukup ngebaso terus jalan-jalan di Pasar Baru atau Blok M. Gile. Jadul banget saya. Sekarang, nongkrong dimulai dari makan siang bareng, lanjut nonton, terus ngopi-ngopi, makan malam (ini nongkrong apa ronda di mall?) baru pulang…

Kalau sudah tanggal tua tapi masih tetap mau nongkrong terpaksa deh saya menggunakan beberapa taktik. Antara lain hanya mengikuti satu agenda dari rangkaian acara nongbar tersebut. Jadi misalnya saya hanya ikutan nonton atau boleh lah lanjut ngopi-ngopi cantik. 
Kenapa sok gengsi dan gak ikutan aja sekalian semua acaranya? 
Sori ya. Saya gak pernah menutupi sama teman-teman dekat kalau tidak punya duit saat tanggal tua. Lah wong saya rajin ngutang ke mereka kalau lagi jalan bareng. Nyaris semua teman saya menggunakan kartu kredit untuk pembayaran. Biasanya salah satu dari kami jadi bandar untuk membayar acara nongbar tersebut. Dan pas gajian bulan depan, langsung saya bayar. Banyakan sih enggak… (buka kartu dehhh…)
Obviously, nongkrong bareng tetap jalan, sosialisasi sama teman terutama yang sesama lajang tetap berlangsung dan derita tanggal tua tetap jalan karena hutang bulan lalu sudah dibayar dengan gaji sekarang tapi jadi utang lagi … 

Sakit
Tidak ada yang merencanakan sakit di tanggal tua jadi yang satu ini tetap saja datang walau lagi bokek. Sedih banget kalau sakit pas tanggal tua dan duit di dompet menipisss… Belajar dari pengalaman, saya tentunya menyimpan dana kalau-kalau sakit? No? Sudah jelas… Tapi saya membiasakan diri untuk periksa ke dokter di klinik dan percaya kalau obat generik itu sama ampuhnya dengan obat paten. Saya tahu lah batas kemampuan diri sendiri. Asuransi hanya untuk biaya kamar jika rawat inap. Obat ya tanggung sendiri dan karenanya…perlu sugesti dari dalam bahwa biar murah pasti bisa sembuh.

Me Time
Sebenarnya kalau sadar diri, me time bisa dilakukan di rumah. Bikin teh panas atau kopi panas atau susu coklat pakai es batu, ambil buku yang sudah kelamaan disimpen di lemari, duduk relax dan baca.
But no, saya memang kurang sadar dirinya. Apalagi kalau lagi bokek dan capek setelah seminggu kerja dan melakukan pekerjaan rumah saya maunya keluar. Ngapain kek, cuman jalan-jalan window shopping kek, tapi jangan di rumah.
Jadi saya mulai cek newsletter dari bank penerbit kartu kredit ataupun informasi serba diskon di mana saja. Tempat nongkrong mana yang sedang diskon? Kalau diskonnya lumayan, sekalian saya ajak mama dan mendiang papa agar mereka tidak bosan di rumah. Terutama banget kalau saya menang event yang hadiahnya voucher makan di restoran. Mereka senang, saya pun senang, dompet lebih senang. 


Walau pastinya bĂȘte pas tanggal tua, saya berusaha menghindari kalap belanja di mall walau sedang diskon dengan kartu kredit tertentu. Belanja dengan kartu kredit itu sama saja menunda penderitaan ke bulan depan dan bulan depannya lagi. Mendingan saya browsing internet dan mencari informasi diskon maupun belanja murah. Belanja bukan berarti hanya beli makanan dan baju duong... Kebutuhan sehari-hari juga perlu banget dan kalau bisa sih murah tapi okeh. 

Lagipula, tidak mau menambah penderitaan lagi kan di tanggal tua? 



5 komentar:

  1. bisa jadi alternatif ya mba, jika kita butuh barang, nyarinya yg lagi diskon supaya gak terjadi tragedi tgl tua :)

    BalasHapus
  2. Diskonan itu semacam alternatif tapi juga kadang menjadi candu hehe

    BalasHapus
  3. hhahha..justru tanggal tua sekitar 20an keatas suka ada aja promo diskon gede2an yaa
    makin mlipiir di kamar :D

    BalasHapus
  4. tanga tua yang penuh cinta. tanggal tua ngga selalu sedih melulu hehehhe

    BalasHapus
  5. Ada pa dengan tanggal tua, banyak orang menggambarkan tanggal tua dengan penderitaan.

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box