Jumat, 05 Februari 2016

Effortless Fashion



Foto kiriman Ria Tumimomor (@riamrt) pada


Beberapa waktu lalu saya pernah sok kasih tips tentang pakaian yang sebaiknya digunakan untuk jalan-jalan kan? Bahwa kita harus mementingkan kenyamanan dan jangan kepikiran untuk gaya sepanjang perjalanan tapi menyusahkan diri sendiri.

Dan jreeeng… beberapa hari kemudian saya melihat foto teman saya yang baru kembali dari jalan-jalan. Di statusnya ia menyatakan terima kasihnya pada para blogger yang berusia jauh lebih muda dari dirinya yang memberikan banyak pelajaran. Ia mengatakan, sudah berlalu hari para traveler lebih mengutamakan kenyamanan saja. Jadi nyaman itu perlu, tapi tampil dengan effortless dan gaya itu amat sangat perlu banget. Terutama bagi para traveler yang seperti saya, yang gak mau susah tapi gak mau mati gaya. Untuk hal ini apa yang paling penting untuk dilakukan teman-teman?


Siap basah di Goa Pindul

SURVEY!

Yep… Survey dilakukan bukan hanya untuk mencari itinerary yang paling okeh, atau harga tiket maskapai penerbangan yang cocok di kantong plus tempat menginap yang walau agak mahal tapi dekat ke tempat-tempat pariwisata yang menarik di kota tersebut.

Jika hendak pergi ke negara empat musim, tentunya kita akan mulai survey baju apa saja yang harus digunakan jika musim dingin misalnya. Mesti beli boots, mesti beli jacket, mesti beli longjohn and so on. Tapi biasanya saya hanya berhenti sampai di sini. Saya tidak pernah sampai terpikir, apakah jacket cocok dengan boots yang digunakan. Okay, sempat sih terpikir. Akhirnya baju yang saya bawa disesuaikan saja dengan jacket yang saya bawa saat itu. Lagipula, kalau saya sampai puyeng memikirkan baju apa saja yang cocok…dan berakhir membawa semua baju…wah, itu bukan jalan nyaman lagi namanya. Padahal maunya gaya tapi nyantai. Kelihatan seolah kalau dalam foto itu gak ribet nyari bajunya. Padahal heboh habis.

Kalau sudah begini, mesti pinter-pinter menyiasati pakaian yang bakal dibawa. Supaya gak kebanyakan bawa barang, saya mengingatkan diri untuk membawa legging atau celana training. Yaaa, yang terakhir ini bukan hanya untuk olahraga buat saya.. Tapi, bisa digunakan untuk perjalanan yang membutuhkan mendaki atau berjalan jarak jauh (dan buat saya ini sudah termasuk olahraga pake banget) Plus, celana training ini bisa digunakan juga untuk tidur karena jauh lebih nyaman daripada jeans. Lebih menghangatkan badan pula jika udara dingin.S Tentunya jika kita berkunjung ke tempat yang memiliki cuaca panas, celana training pendek akan lebih cocok digunakan untuk berjalan.

Kenapa mesti celana multi fungsi begini? Kalau buat saya sih ada dua alasan:

1. Celana multi fungsi itu artinya saya bisa menggunakan baju apa saja untuk dikombinasikan tanpa mesti puyeng, waduh model baju atasan sama celana gak matching nih. Bagi saya pribadi, kalau mau yang bisa matching ke segala jenis atasan, situasi, kondisi, cuaca maka tidak ada warna lain yang okay selain hitam. Tanpa ada stripes, atau corak lainnya.
Tentunya mesti diingat, celana warna hitam bisa menambah gerah kalau cuaca mataharinya sedang terik. Poin plus warna hitam, kalaupun kotor tidak separah jika saya menggunakan warna lain.

2. Jika satu celana bisa digunakan untuk berbagai kondisi, cuaca, maka saya tidak perlu lagi membawa banyak pakaian lain dong? Lumayan untuk mengurangi beban backpack atau koper kan? Biasanya sih celana training lebih mudah untuk dibawa. Kalau istilah teman saya, lebih gampang dianiaya. Mau dilipat kayak apa kek, begitu mau digunakan tidak terlihat bekas lipatan di celana tersebut.

Suka sok kasih tips, tapi diri sendiri pikun. Jadi tolong gaplok saya ya teman-teman kalau nanti pas jalan-jalan lagi lupa sama yang satu ini . 

5 komentar:

  1. Saya juga nyaman pakai celana training di balik gamis. Kalau ada apa-apa kan bisa siap sedia. Misalnya saja ketika rok tersingkap. Xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hah, bener banget! Memang celana training itu gak cuman olahraga aja enak dipakai... tp bisa utk semua kondisi

      Hapus
  2. Mbak Ria ngomong gini karena travellingnya ke temoat-tempat adventurial macam gunung atau arung jeram. Lha aku, karena aku bawa bayi, jadi travellingnya ke tempat-tempat banci macam mall dan gedung teater. So pasti mesti gaya pakai ruffles, rok, dress dan sebangsanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke mall kan juga bisa maaaak pake celana training :) asal warna hitam dan ngepas di badan... Aku jg suka pake kok, digabung sama terusan yang pendek... heheheheh

      Hapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box