Senin, 11 Januari 2016

Tips Makan dengan Menu Buffet


Beberapa waktu lalu saya dan rekan-rekan kantor makan akhir tahun di restoran yang berlokasi di Hotel Pullman – Thamrin. Jujur, kalau saya sih memang selalu gagal total untuk mencoba semua jenis makanan jika makan buffet di beberapa restoran. Tapi kali ini saya bertekat setidaknya ingin menyantap makanan yang menjadi andalan di restoran tersebut. Dan tidak perlu sampai nekat membawa wadah makanan hanya gara-gara kekenyangan tapi masih penasaran sama beberapa makanan tertentu.

Tips ala saya untuk makan buffet adalah:

1. Sadar sama kapasitas perut
Ini penting banget untuk disadari bahkan sebelum masuk ke restoran tersebut. Itu sebabnya juga kalau dengan modal sendiri saya belum berani deh makan dengan menu buffet di hotel. Selain karena memang belum punya modal untuk makan di sana. Plus, perut ini tidak punya elastisitas seperti karet yang bisa membesar ketika dibutuhkan.

2. Fokus
Kalau sudah ada kesadaran bahwa perut tidak akan mungkin menampung semua makanan yang ada maka kita sudah bisa mulai fokus pada apa yang ingin kita santap. Mau hunting makanan yang gak biasa kita santap alias siap berpetualang lidah. Atau hanya mau makanan yang kita suka dan ingin tahu di restoran itu seperti apa rasanya.


3. Browsing
Sudah tahu mau makan di mana dan sudah siap fokus, makaaa langsung deh cari-cari informasi mengenai restoran tersebut. Makanan apa saja yang paling enak dan paling direkomendasikan. Kalau semuanya katanya enak-enak dan direkomendasikan, jangan panic. Tarik napas panjang dan mulai baca-baca lagi untuk tahu pilihannya yang mana.

4. Memilih
Ufff, memang berat memilih makanan yang mana yang akan disantap. Apalagi kalau ingat mumpung dibayarin. Mumpung gratis. Mumpung ada kesempatan. But no. Hidup itu memang selalu harus memilih walau ada kesempatan untuk mendapatkan semuanya.
Memilih untuk makan sedikit tapi bisa mencicipi sebagian besar makanan yang tersedia. Atau memilih makan yang banyak makanan yang disukai dan tidak bisa mencoba makanan lain.
Memilih untuk menjadi petualang atau mencari aman itu juga berat dalam hidup. Bisa dimulai dari memilih makanan.
Saya perhatikan dari beberapa orang (termasuk diri saya juga kok), kadang kita lebih suka makan yang kita sudah tahu rasanya. Misalnya, si A tidak doyan seafood – bukan karena mempunyai alergi atau karena tidak diperbolehkan dalam agamanya. Si A simply don’t want to eat seafood karena pernah punya pengalaman buruk sama makanan itu. Atau tidak pernah mau mencoba.
Dulu saya juga pernah seperti itu, malas mencoba makanan yang benar-benar baru. Kalau sekarang, mumpung ditraktir dan bukan dari dompet sendiri jelas semangat aja makan yang belum pernah dicoba. Kalau tidak enak, itu resiko…

5. Porsi makanan
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, porsi makanan memegang peranan penting. Jangan karena pas gigitan pertama enak lalu kita merasa satu sendok itu tidak cukup. Dan harus satu piring baru puas. Ada banyak faktor yang mesti diingat antara lain faktor kesehatan. Too much good (but dangerous) food could kill you.

6. Minuman
Saat ini banyak restoran yang menyajikan menu buffet tidak mengikutsertakan minuman dalam paket mereka. Kita tahu, orang bisa saja bertahan hidup dengan tidak makan berhari-hari. Tapi sulit membayangkan orang bisa bertahan hidup tanpa minum. Sama saja kasusnya dengan makan di restoran dengan menu all you can eat dan buffet. Makanan begitu banyak masuk ke perut lewat tenggorokan. Lama-lama bisa seret tuh rasanya.
Tapiii, kalau saya sih justru tidak mau terlalu banyak minum. Minum terlalu banyak selain bikin cepat kenyang juga bisa bikin perut kembung. Minum secukupnya. Tahan-tahan deh sampai keluar dari restoran untuk mencari minuman di tempat lain yang pastinya beda jauh harganya.

7. Menghindari nasi
Buat banyak orang Asia apalagi Indonesia, gak makan nasi itu sama dengan kiamat. Tapi kalau sedang menikmati menu buffet, nasi sebaiknya dihindari. Kalau ada menu nasi yang menarik ya bolehlah dicicipi tapi tidak perlu banyak-banyak. Saya sampai hanya makan satu sushi (beneran hanya satu dan bukan satu piring dengan berbagai macam sushi) karena khawatir cepat kenyang.

8. Makanan berkuah
Ini buat saya sama saja dengan minum air. Bedanya, air membuat lega kerongkongan sementara yang satu ini termasuk membuat cepat kenyang tapi tenggorokan tambah seret. Ya, memang ada banyak makanan berkuah yang menarik untuk dicoba. Kalau memang makanan berkuah itu sudah memanggil-manggil sebaiknya pilih saja salah satu. Daripada setelah pulang menyesal karena tidak mencoba satupun makanan berkuah. Kalau saya, memang menghindari yang satu ini.


Ada yang mau menambahkan lagi untuk tips and trick makan di restoran all you can eat atau buffet? :)

11 komentar:

  1. Ibarat kata klo dihadapin buffet tu rasanya ga adil, uda bayar mahal, tp semua makanan ga bisa masuk ke perut wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. emberrrrrrrrrrrrr.... makannya gak bisa puas :))))) kenyang iya,tp gak puas krn gak bisa nyoba semua

      Hapus
  2. biasanya kalau makan dengan menu buffet, saya suka keliling dulu lihat pilihan makannya. Abis itu mikir apa dulu yang mau dimakan.

    Makan dengan menu buffet sebetulnya seperti belajar menahan lapar mata dan hawa nafsu hahaha. Karena jangan sampe, deh, sekali ambil langsung penuh banget piringnya. Saya sering juga ngelihat yang kayak gitu. Akhirnya malah kebuang karena udah kekenyangan. Mending ambil secukupnya tapi bolak-balik kalau masih lapar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget... Jangan karena mumpung di sini, mumpung begini mumpung begitu, terus yg ini enak, itu enak juga, gak mau rugi....akhirnya malah gak abis...

      Hapus
  3. kalo saya tetep ambil nasi sedikit. tapi lauknya yg banyak :D
    godaan banget kalo menu buffet bikin lapar mata (setuju sama komen mak myra)

    BalasHapus
  4. Makan nasi wajib dicoret kalau ikut acara beginian. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget.... Waiternya jg kdg suka ngingetin, bu mending skip aja deh makan nasi

      Hapus
  5. when I come home, we should do buffet! :)

    btw aku juga kalau diundang or misalnya makan model AYCE gitu gak pernah langsung ambil banyak2. selalu ambil dikit2 dulu dan selalu keliling dulu minimal satu ronde (ronde apaan coba hahaha) eh maksudnya satu section gitu baru milih. biasa kalau yang berat2 kayak daging2an aku sih gak mau ambil banyak2 krn itu paling ngeyangin. biasa kalap kalau ke AYCE yang sushi/sashimi/seafood nya banyak. berasa heaven lol.

    sup juga aku jarang ngambil malah kalau di buffet2 gitu. gak tau kenapa. paling2 kalau ada miso soup gitu baru diambil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah panjang nih list makannya.... hahahha, ada martabak, ada sambel emak, nah sekarang buffet :))))

      Yoaaaa... padahal makanan sushi/sashimi kan sudah tahu lah ya rasanya. Tapi kalau liat yang fresh2 gitu rasanya manggil2. Apalagi kl termasuk menu yang direkomendasikan kok kayaknya rugi gak diambil

      Hapus
  6. tong di perut aku kecil, jadi kalo lg di ajak makan di buffet nyarinya cemilaaan aja. makanan berat justru nyobain dari piring temen hahaha

    BalasHapus
  7. Nah ini, kalo menu buffet macamnya banyak sebaiknya keliling dulu deh liat-liat apa saja makanannya, baru mulai ambil makanannya. Kalo aku, lebih enak makan sedikit sedikit biar bisa nyicip beberapa menu. Kalo sekali makan banyak, sudah kenyang duluan :)

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box