Blog berisi curhatan si lajang

Senin, 21 Desember 2015

Kenangan Roti Tan Ek Tjoan


Tan EK Tjoan


Pas saya mau menonton Festival Film Prancis dan iseng jalan-jalan di sekitar Cikini eh ketemu sama gerobak roti Tan Ek Tjoan. Nah, teman saya yang kecewa berat karena toko roti Tan Ek Tjoan sudah tidak ada lagi; langsung membeli beberapa roti. Saya promosikan ke dia roti gambang, yang memang andalan Tan Ek Tjoan. Saya sih gak doyan. Hahahaha, tapi karena teman penasaran saya pikir dia harus mencobanya sendiri.


Dan ternyata setelah mencoba, dia gak suka... Hehehehe... Masalah selera saja sepertinya. Tapi menurutnya tekstur roti gambang ini khas roti jadul banget. Padat. Tidak seperti roti sekarang pada umumnya yang tidak cukup makan hanya satu. Karena ini salah satu roti otentik jaman dulu, jadi suka tidak suka, mesti coba deh sesekali. 



Saya pernah ikutan tour majalah Reader Digest Indonesia sekitar bulan Oktober tahun 2011. Entah ini kebetulan yang tragis atau bagaimana, saya dengar majalah Reader Digest Indonesia sudah tidak ada lagi. Dan sekarang toko roti yang termasuk tua loh di Jakarta ini juga sudah tergusur.




Beginilah tampilan toko roti Tan Ek Tjoan pada saat saya ke sana. Saya dengar dari bapak yang menjual roti di gerobak ini, tiap pagi mereka mendapat pasokan roti dari...area Ciputat. Kalau memang benar pindah ke area Ciputat, wadaw ini jauh banget. 



Dulu saat datang ke sana, kami diberikan tour sampai ke dalam pabriknya, diajarin sedikit cara membuat roti dan bahan-bahannya apa saja.



Kalau minta isi coklat atau keju kebanyakan, bikin adonannya ribet alias bakal gak jadi-jadi... Hahahha... Saya yang maunya isinya banyak jadi gak enak hati saat itu.



Entah mereka sekarang di sebelah mana lokasinya.



Jadi, buat yang kangen sama roti gambang dan roti jadul Tan Ek Tjoan coba deh main ke area Cikini karena di sana ada beberapa gerobak roti mereka.



Yang jelas sudah tidak bisa lagi deh saya nyari kue murah meriah tapi enak.


7 komentar:

  1. kemarin2 sy jg beli ini di tukang yg lewat..suprise aja ko ada lagi ya :)

    BalasHapus
  2. Di sini malah gak ada roti gitu Mbak Ria.

    BalasHapus
  3. Di komplek rumahku masih suka lewat. Mamaku suka banget sama roti ini. Sampe abangnya "ngelaksonin" melulu tiap sore. Tapi kan gak mungkin beli tiap hari hihihi.

    Roti ini emang legendaris banget ya. Jadi beneran gak ada infonya, Mbak dia pindah kemana?

    BalasHapus
  4. Dulu pernah ke toko rotinya juga karena penasaran sama roti gambang. Katanya ini khasnya Tan Ek Tjoan. Pas udah beli, ternyata aku pun ga doyan. Hahahaha. Tapi sayang banget kalau sekarang tutup. :(

    BalasHapus
  5. Wah dulu terakhir pulang Jakarta (2013 awal) masih ada nih Tan Ek Tjoan pas lewat area ini. yah padahal kalau masih ada tour ke bakery nya aku pengen juga ikut kelas bikin2 roti ginian.. :(

    aku sih gak ngefan sama Tan Ek Tjoan tapi kalau dulu almarhum ie ie suka beli aku pasti dibeliin juga dari Tan Ek Tjoan. lumayan menurutku. memang tekstur nya yang bikin beda.

    Ciputat tuh dimana ya? Tangerang bukan?

    BalasHapus
  6. dari jalan cikini raya sampai area stasiun cikini masih ada beberapa gerobak yang jualan

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.