Jumat, 25 September 2015

Thriving Tokopedia


Saya termasuk yang paling malas sama yang namanya belanja online. Tapi bukan berarti karena malas belanja online membuat saya menolak datang untuk acara yang satu ini. Jadi, tanggal 19 September lalu saya mendapat kesempatan melalui acara Ngobrol Cantik bersama Tokopedia dan Blogger Perempuan. Topiknya tentang bagaimana mengoptimalkan media sosial untuk blogging. Dari tadi saya ngomongin Tokopedia, mungkin ada yang belum ngeh bener apa sih tokopedia? PT. Tokopedia sendiri resmi berdiri tanggal 6 Februari 2009 sementara Tokopedia.com resmi diluncurkan tanggal 17 Agustus 2009. Wow, sudah lama juga ya! Saat ini, Tokopedia adalah tempat jual beli online yang pesat perkembangannya. 




Jadi, hari Sabtu tanggal 19 September 2015 saya pun menuju ke Wisma 77 Tower 2 lantai 2 tempat acara berlangsung. Saya registrasi dulu sama mbak-mbak kece dari Blogger Perempuan dan dapat tas lucu yang berisi souvenir. Sekitar jam 10.00 acara dimulai dengan perkenalan dan game untuk membuat suasana lebih santai sesuai dengan suasana ruangan. Tadinya saya membayangkan ada meja dan kursi seperti ruangan meeting kantor pada umumnya. Tapi, namanya juga kantor anak muda ya (yeah, Ria... maaf anda tidak bisa apply di sini. You were borned waaay too early) ruangan meeting ini kesannya sedang kemping di alam luar.




Jadi ada dua baris yang membentuk huruf U, satu baris di bagian bawah dan yang satunya di atas. Dilengkapi dengan bantal yang tentunya bukan bertujuan agar peserta acara diskusi ataupun seminar jadi mengantuk. Lalu di tengah-tengah ada rumput (palsu, pastinya) dilengkapi dengan bantal duduk yang sepintas terlihat seperti batu-batu di atas rumput. Saya sempat menguping kalau bantal duduk ini special customized.


Ngobrol cantik tambah seru ketika adek Joko (berhubung kami dipanggil kakak, obviously they are sort of our little brother) dari TIM SEO mulai menjelaskan tentang e-commerce. Yang dimaksud dengan E-commerce menurut Apple Dictionary adalah: Transaksi komersial yang melibatkan transfer informasi di internet. Tokopedia sebagai online marketplace punya visi : Membangun Indonesia Yang Lebih Baik Melalui Internet. Mereka juga berniat mendukung pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah.



Kemudian acara berlanjut dengan penjelasan dari Shinta Ries salah satu pendiri Blogger Perempuan mengenai kerja sama mereka dengan Tokopedia. Judulnya: Blogger Partnership Program. Aih, seru banget program yang satu ini. Sayangnya blog saya belum memenuhi syarat untuk mengikuti program tersebut. 



Kami juga berkesempatan menyimak penjelasan adek Andre sebagai Social Media Specialist mengenai perilaku kita-kita ini sebagai pengguna media sosial.



Lalu bagaimana dengan memanfaatkan media sosial untuk blogging? Yang ini,oleh adek Askar yang  memberikan penjelasan sedikit mengenai media sosial kekinian yang namanya Periscope.




BTW, kok saya pelit bagi membagi isi ngobrol cantiknya? Tenang saja. Ngobrol cantik akan dibagi di postingan berikutnya. Karena sekarang saya mau bercerita tentang kantornya Tokopedia. Yup! Jadi, tidak hanya ngobrol cantik. Tapi kami, juga diajak tour keliling kantor Tokopedia. Oh yay!

Dan begitu saya melihat ruangan kantor mereka, wowowowow... beneran saya menyesal lahir terlalu cepat. Ruangan kantornya menurut saya manusiawi banget. Memang, tipe ruangan kantor yang tidak lagi menggunakan sekat-sekat atau partisi untuk memisahkan pekerja yang satu dengan yang lainnya sudah dilakukan di banyak kantor. Tapi area untuk sekedar beristirahat yang tidak perlu ke luar ruangan baru sekarang benar-benar saya lihat. 

Perhatikan tempat duduk yang disertai bantal di dekat tulisan Tokopedia... Asyik khan?
Pantry oh pantry... Tidak perlu naik turun lift ke warung kalau mau ngopi
Itu.... Ayunan?

Yak, penglihatanmu tidak menipu.Itu adalah AYUNAN!. Catet! 


Mau duduk sendiri yang nyaman bisa senderan, ada juga... Ide bisa keluar setelah rileks loh!

Saya ingat cerita teman saya yang bekerja di kantor yang pemiliknya rada kaku. Jadi, para pegawai tidak diperkenankan meletakkan botol maupun gelas minuman di meja kerja. Kalau mau minum, wajib pergi ke pantry dulu. Sementara dengan pola kerja yang duduk dari pagi sampai malam, kalau gelas tidak ada di meja bakal lupa terus kalau badan juga butuh minum air putih. Minum saja tidak boleh dilakukan di meja sendiri ya apalagi makan. Sementara dari foto-foto di atas semua tersedia untuk re-charge tubuh agar rileks. Dan tentu saja mengurangi kejenuhan.Kalau sampai (amit-amit) terjadi lagi banjir besar yang pernah melanda Jakarta beberapa waktu lalu, para pegawai bisa beristirahat di kantor. Plus, supply makanan walau mungkin hanya mie instant sudah tersedia. 

Dan itu baru satu lantai saja, teman-teman. What? Ada lagi? Kami juga berkunjung ke lantai 18 tempat para customer service yang standby 24 jam. Para pegawainya tentu mendapat giliran dong. Disediakan juga ruang untuk sholat, ruangan untuk beristirahat, dan ya tentu saja tempat untuk meeting internal. Serta, tidak ketinggalan tetap ada juga yang namanya pantry. Pantry-nya cakep amat ya. Jadi mau juga foto produk-produk yang mau dijual di sini *salah fokus* Ohya, saya sampai lupa nanya. Jangan-jangan ada juga ruangan untuk olahraga nih? Sama perpustakaan yang isinya novel? (ini mau kerja atau mau ngapain sih?)



Yang suka ngomel-ngomel sama CS...nih penampakan mereka

Duduk santai sambil diskusi



Kayaknya cucok buat foto-foto kalau ada lomba di instagram...eh...

Tulisan pemberi semangat dalam meeting room


Sudah dua lantai, kami balik lagi ke lantai 2 tempat acara tadi berlangsung. Jadi lantai dua tidak hanya disediakan ruangan untuk acara seperti temu blogger misalnya. Tapi juga ruangan untuk rapat dan ruangan interview. 
Pantry lagi? Elus perut


Meeting Room

Interview Room - kayaknya kalau yang di sebelah lagi interview juga saya bakal gak konsen nih... :)

Setiap meeting room dihiasi dengan kata-kata yang diharapkan dapat memberi motivasi

Jadi, ruangan interview hanya ada dua kursi yang tentunya bagi interviewer dan calon pegawai. Tidak seperti di beberapa perusahaan yang saya tahu dimana interview itu seperti mau sidang skripsi. Bisa yang hadir dari pihak HRD, kepala bagian dimana calon pegawai akan ditempatkan dan sampai direkturnya juga hadir. Asyik juga. Hanya saja saya kepikiran, kalau saat itu ada lebih dari satu sesi interview...bisa konsen apa enggak ya calon pegawai? Secara setiap ruangan hanya dibatasi dengan sekat kaca. 

Kesan saya, kantor ini sepertinya ingin agar karyawan bisa betah bekerja di kantor. Baik dari segi masa kerja hingga mungkin sampai melembur jika memang pekerjaan belum selesai. Asal jangan sampai lupa pulang saking enaknya berada di kantor ini ya. Kidding. Mudah-mudahan Tokopedia semakin bisa berkembang dengan usahanya memperlakukan para karyawan lebih manusiawi seperti ini.

17 komentar:

  1. Cwaaaaaahh ggilaaakkk interior kantornya abege bgt..serba ijo, dan ga kaku...

    Mmmm oya memang knapa blogbya blum bisa ikutan program di atas mb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu syaratnya adalah Domain Authority harus 20. Blog aku blm sampai segitu angkanya ^_^

      Hapus
  2. keren banget kantornyaaa...
    bisa apply gak yaa..hahahhaha

    dan aku juga gak bisa join sama tokopedia. soalnya blog masih gratisan -_-

    BalasHapus
  3. Huaaaa kece banget kantornya... Iriiii :D

    BalasHapus
  4. Seger banget ya kantornyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Eka... yg aku suka, gak terlalu kaku suasananya

      Hapus
  5. dari kemaren baca postingan ttg ini, mupeng semupeng mupengnya..
    tinggal nunggu launching programnya, semoga bisa ikutan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. intip aja langsung ke blogger perempuan :)

      Hapus
  6. Wuahhhh pingin main ke saaannnnaaa.

    BalasHapus
  7. Cantiknyoooo.... Makin bangga dengan Tokopedia :)

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. ya ampuuun, interiornya niat banget, huks jadi ngiri plus mupeng kesana. kereen kak!
    by the way, salam kenal dari Jogja :)

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box