Jumat, 14 Agustus 2015

Abound Abuba Steak


Ini adalah kali kedua saya mencoba makan di Abuba Steak yang lokasinya saya pilih ...ya jelas yang dekat dengan rumah. Untunglah tanggal 21 Juli 2015 kemarin mereka telah kembali buka setelah tutup untuk libur Lebaran. 

Dari dulu saya hanya tahu ada restoran steak yang beken banget yang namanya Abuba. Saking gak gaulnya saya malah mengira nama tempatnya itu Amoeba. *pentung kepala sendiri*. Untungnya, sekarang cabang restoran steak ini lumayan banyak beredar di berbagai wilayah Jakarta.


Restoran Abuba di MAtraman terdiri dari dua lantai. Lantai paling bawah seperti biasa cepat penuh oleh pengunjung, karena orang malas untuk naik tangga ke lantai dua. Ketika ingin mencoba suasana lain dengan duduk di lantai 2, ternyata hawanya panas banget. Mungkin lantai dua disediakan bagi para pengunjung yang merokok. Padahal tempat duduknya lebih banyak dari yang tersedia lantai pertama. Akhirnya balik lagi deh ke lantai satu. Jarak meja yang satu dengan yang lainnya lumayan dekat. Jadi rada susah kalau mau foto selfie. Hehehehe


Beberapa waktu lalu saya sudah mencoba lamb chop, kali ini saya mencoba local tenderloin steak sementara teman saya mencoba Sirloin Nz steak. Untuk jenis-jenis makanan sama minuman, macamnya banyak tersedia di sini. Jadi tidak hanya steak daging sapi saja. Hanya saja kali ini untuk minuman, kami memesan es teh tawar. 


Jadi ceritanya, kali ini saya memutuskan untuk meminta rekomendasi dari waitress. Pertama saya datang ke sini, kami sekeluarga langsung minta agar daging dimasak well done. Alias super mateng banget dan katanya sih lemaknya sudah habis terpanggang. Maklum deh, bayangan kami sekeluarga kalau gak well done itu artinya gak matang... Waktu saya tanya waitress, dia menyarankan agar steak dimasak secara medium well. Tapi setelah dihidangkan, kok saya gak dapet rasa juicy-nya itu ya? Apa saya harus mencoba lagi lain kali? 
Sirloin NZ steak


Local Tenderloin Steak

Bagi yang ingin tahu tentang tingkat kematangan steak, saya kutip sedikit dari situs Abuba:

1. Medium Rare
Ditandai dengan steak yang ketika dipotong memiliki warna merah dibagian tengahnya, dengan juicy yang masih sangat besar

2. Medium
Daging bagian dalam terlihat masih agak kemerahan dengan aroma bakar meresap ke dalam daging. Katanya manisnya juicy daging kerasa banget.  

3. Medium Well
Di tingkat kematangan ini katanya perpaduan yang pas antara ke-empukan dan juicy sehingga keduanya memberikan sensasi yang tepat. Tingkat kematangan ini juga yang paling direkomendasikan jika kalian bertanya pada waitress di Abuba Steak. 

4. Well done
Well done artinya sudah kering tanpa juicy  karena lemak dan juicy telah habis terpanggang.

Kalau tidak yakin, tetap lebih baik menanyakan pada waitress yang bertugas. Mereka akan memberi rekomendasi untuk tingkat kematangan dan saos apa yang cocok. Apakah saos barbeque, jamur ataupun black pepper. Masalah nanti masih tidak cocok di lidah, mungkin harus balik lagi di lain waktu. *ehm*.  

Buat yang penasaran sama Abuba Matraman, inilah penampakannya...





Abuba Steak Matraman
Jl. Raya Matraman Raya No 22, Kebon Manggis Jakarta Timur 021-2982 7717
Jam Operasional Senin-Minggu, 11.00-24.00

14 komentar:

  1. jadi pengen nyobain yang sirloin yang tingkat kematangan nya medium well

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya jg blm nemu gimana sih yg dibilang juicy-nya itu... jd tambah penasaran :D

      Hapus
  2. Untuk urusan satu itu saya lebih suka bikin sendiri ( tp dah agak jarang sejak harga daging sapi diatas 100rb). Bumbu bbq nya beli instan di toko2 bahan roti...yg pasti kalo bikin sendiri gak perlu pake wine maupun angciu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener. bumbu2nya udah banyak kok... tinggal masalah sama dagingnya... yang harganya naik terusss

      Hapus
  3. oh iya,,,jika Anda berkenan follback saya...kalo nggak juga gak papa koq...(hicks!)

    BalasHapus
  4. Wah steak steakan part 2 nich.,,

    Juicy dari daging itu berarti agak kenyel kenyel ga gitu mateng ya mb ria?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya ini steak2an part 1 karena yg ini, pas abis liburan Lebaran :) Sebenarnya saya jg masih gak paham yg dimaksud juicy itu apa lemaknya masih berasa manis atau gimana deh... Krn kl mateng, ya lemaknya udah gak berasa lagi kan...

      Hapus
  5. Hihihi Amoeba :D
    Saya sudah pernah coba yang di Kelapa Gading. Sayang, kurang memuaskan pelayanannya :(

    BalasHapus
  6. Halo Mbak Ria,
    Salam kenal.. :) Selain Abuba, Steak Holycow juga enak :)

    Oya mbak, sekalian info nih, aku lagi syukuran blog aku, ada giveaway-nya juga.. Ikut yaah http://heydeerahma.com/index.php/2015/07/13/kontes-blog-giveaway-lebaran-bersama-heydeerahma

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal balik.... Waaa, aku telat baca komen ini... Gak bisa ikutan deh GA-nya :(

      Hapus
  7. di bandung jg ada beberapa cabangnya... tp sampai skarang blum kesampaian nyoba huhu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada kesempatan kl ada di Bandung :) Biasanya memang kl ada di kota sendiri atau di daerah tetangga yg masih satu propinsi malah suka males :)

      Hapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box