Blog berisi curhatan si lajang

Selasa, 30 Juni 2015

[Review] Teminator Genisys



Ekspektasi saya tinggi untuk film yang satu ini setelah melihat trailer-nya. Wah, John Connor yang diceritakan sebagai satu-satunya harapan umat manusia dalam mengalahkan para robot dari Skynet sekarang malah jadi robot?

Film dimulai dari tokoh Kyle Reese (Jai Courtney) yang berkisah bagaimana dunia dihancurkan oleh robot-robot Sky Net. Saat kecil ia diselamatkan oleh John Connor (Jason Clarke) dan tumbuh menjadi tangan kanan sang pembela umat manusia tersebut. Saat mereka menghancurkan markas Skynet, ternyata robot untuk membunuh Sarah Connor (Emilia Clarke) sudah terkirim. Kyle Reese terpilih dari para sukarelawan untuk kembali ke tahun 1984 lewat mesin waktu. Saat Kyle tengah dalam proses kembali ke masa lalu, ia melihat John diserang oleh robot. Saat dalam perjalanan melintas waktu, Kyle seperti mengalami flashback masa lalu tapi seolah masa lalu dirinya di masa yang berbeda.


Cerita awal kurang lebih sama dengan film Terminator yang sebelumnya. Tapi....jreng, Sarah ternyata tidak selugu yang diceritakan John. Ia sudah diserang sejak berumur 9 tahun dan diselamatkan oleh.... Terminator T-800 (Arnold Schwarzenegger) . Kok robotnya kelihatan tua? Karena kulitnya menggunakan kulit manusia beneran yang katanya bisa menua. Oke deh. Mereka diburu oleh T-1000 yang bisa melumer terus hidup lagi, lumer lagi hidup lagi. Yang parah, cipratan logam cairnya juga bisa jadi berbahaya. Diperankan oleh Lee Byung Hun; yang sebenarnya menurut saya akan lebih seram lagi kalau ada dialog sedikiiit saja.

Kyle mencurigai maksud terselubung dari pengirim terminator T-800. Dan entah saya yang terlewat atau bagaimana, tapi misteri siapa yang mengirimkannya untuk melindungi Sarah di usia 9 tahun tetap tidak terungkap. T-800 menganggap Kyle tidak lebih dari sekedar calon bapak John Connor dan terang-terangan menunjukkan sifat tidak bersahabat. (Padahal dia robot). Sarah sendiri berusaha keras menunjukkan bahwa ia tidak membutuhkan pertolongan siapapun. Tapi semuanya berubah ketika John mendatangi mereka dalam kondisi yang sudah berubah. Ia bukan lagi manusia. Melainkan menjadi alat Skynet yang meluncurkan Genisys; semacam AI yang sudah masuk ke dalam semua aspek kehidupan manusia.

Dari segi special effect, jelas film ini lebih keren dari yang sebelumnya. Terminator T-1000 terlihat begitu nyata dengan tangannya yang bisa berubah menjadi pedang. Tapi alur ceritanya membuat saya agak-agak bingung. Sebentar di masa depan, lalu kembali ke tahun 1984 yang lanjut lagi ke tahun 2017. Di tengah-tengah film, ketegangan yang sudah terjalin sepertinya tidak dijaga. Saya lebih merasakan chemistry antara Emilia Clarke dengan Arnold (yang dipanggil "pops" karena sudah menjaga Sarah sejak kecil). Jadi aneh kalau sepanjang film mereka terlihat saling tidak menyukai (karena Sarah tidak mau pasrah dengan takdir yang seolah mengharuskannya jatuh cinta dengan Kyle. Sementara Kyle sendiri merasa kesal karena Sarah lebih percaya dengan T-800 daripada dirinya) terus tahu-tahu di akhir film jreng....mereka saling menyukai. Jadi pertanyaan, apakah kalau mereka jadi menikah dan punya anak, apakah masih dinamakan John Connor? Plus iklan sepatu Nike-nya gak nahan...

Saat film sudah habis, jangan beranjak dulu karena akan ada cuplikan ....mungkin dari kelanjutannya?

5 komentar:

  1. Wah penasaran sama iklan sepatunya euy heuheu.... Aku nunggu lebaran aja nontonnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iklannya terlalu mencolok (kalau buat aku) padahal biasanya iklannya kan hanya sepintas lalu... Tapi memang pas sih... karena tahun 1980-an hampir semua orang pasti paling enggak pernah pake sepatu Nike yang modelnya mirip2 seperti itu (me included)

      Hapus
  2. Balasan
    1. nanti ceritain missing link-nya yah . Aku masih bingung siapa yg mengirim teminator T-800 :)

      Hapus
  3. Semalem baru aja nonton film ini. Awalnya bingung soalnya alurnya muter. Dan penasaran dgn ending selanjutnya yg ada 2 kyle yaitu yg gede dan kecil.

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.