Kamis, 28 Mei 2015

Review: Wonderful Wedding With Tomodachi Photography

Screenshot from Tomodachi Photography
Foto Pernikahan? Penting atau tidak untuk kamu sebagai calon pengantin? 

Hal ini adalah point pertama yang harus diputuskan sebelum akhirnya memutuskan untuk ya saya mau mempunyai kenangan saat pernikahan. 

Kalau akhirnya kamu memutuskan ya saya mau foto-foto pernikahan yang  lebih dari sekedar kenang-kenangan, maka hal kedua yang harus dilakukan adalah mencari fotografer yang tepat untuk acara pernikahan kamu. Mengutip yang dikatakan oleh Matt Hardy; seorang fotografer terkenal  sebagai berikut:

Beauty can be seen in all things, seeing and composing the beauty is what separates the snapshot from the photograph."
Matt Hardy

Maksudnya apa? Jadi, tugas fotografer adalah memperlihatkan pada kita apa yang kita lihat setiap hari tapi tidak bisa merasakan keindahannya. We are looking at it but not really see it. Tidak gampang kan? Jadi, calon pengantin memang tidak bisa sembarangan memilih. Dari sekian banyak jasa wedding photography, diantaranya adalah: Tomodachi Photography yang basisnya di Bali dan Jepang, yang merupakan agen Wedding Photography. Didirikan oleh JJ Haruki yang juga anggota dari Fearless Photography. 


Nah, ketika saya melihat situsnya, baru deh saya mulai paham apa yang dikatakan oleh Matt Hardy.  Saya melihatnya pada foto pasangan Liu Yun dan Gao Jing pada link ini. Senang sekali melihat rangkaian foto saat pengantin wanita tengah dirias, lalu ketika mempelai wanita membantu mempelai pria mengenakan jas pernikahannya. Buat orang lain, ah setiap hari saya juga begitu. Ya, itulah yang akan dilakukan setiap hari sebagai salah satu cara untuk memperlihatkan cinta pada pasangannya. Sepele bagi kita tapi foto-foto itu sudah cukup berbicara mengenai cinta kedua mempelai tersebut. 

Situsnya enak untuk dilihat, sederhana tapi lengkap memberikan informasi seperti gallery foto, FAQ, sedikit cerita tentang mereka di bagian "ABOUT US" hingga akun-akun media sosial mereka. Terdapat pula informasi jika ingin menghubungi mereka dan bertanya lebih lanjut. Saat diakses di handphone yang tentunya layarnya lebih kecil, tampilannya juga masih enak untuk dilihat. Plus, situs ini juga memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk berbagi via media sosial. 

Situs ini juga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang biasanya dilontarkan oleh calon pengguna pada awal pertemuan:
1. Sudah berapa banyak pernikahan yang ditangani? 
Dari foto-foto yang ada di layar gallery tentunya pertanyaan itu bisa terjawab. 
Mengapa ini penting? Ehm, sepintar-pintarnya seseorang jika ia tidak sering melakukannya dan tidak dengan segenap hatinya...apakah mungkin hasil yang baik akan tercapai?

2. Kameranya apa? 
Yah, mungkin secara teknikal banyak dari kita tidak paham mengenai spesifikasi kamera yang bagus seperti apa. Foto-foto di gallery itu menunjukkan bahwa gambar yang indah itu tidak bisa diambil dengan kamera handphone atau yang teknologinya sudah ketinggalan. 

3. Punya back up? 
Kalau sampai tidak ada, foto-foto dalam gallery tersebut tidak mungkin terpampang disana. Namanya acara pernikahan tidak mungkin selesai dalam waktu singkat. Punya back up kalau peralatan rusak itu wajib.

4. Masih kurang jelas? 
Tenang. Karena itulah gunanya kolom FAQ untuk melihat apakah yang ingin ditanyakan telah disediakan jawabannya. Dan jika belum, situs ini juga menyediakan informasi kemana kalian dapat menghubungi mereka. 

Screenshot from Instagram Tomodachi


Dari segi kualitas yang diperlihatkan dalam situs ini, kayaknya saya tidak perlu banyak-banyak memuji. Baru melihat foto-fotonya saja saya jadi mau menikah! Eh? 
Screenshots from Instagram Tomodachi



Ah, tapi sebenarnya inilah pertanyaan saya atau kritikan. Dalam bagian “About Us”, disebutkan bahwa Tomodachi Photography juga melayani pengambilan foto selain acara pernikahan. Mengapa foto-foto itu tidak saya dapatkan pada situs ini? Jika memang Tomodachi Photography selama ini lebih fokus pada foto wedding dan pre-wedding, mengapa tidak saya temukan foto-foto dalam bagian : FAMILY PORTRAIT? Atau mungkin karena pihak keluarga keberatan foto-foto mereka terpampang pada situs ini? Sayang sekali, karena kami juga ingin melihat hasil pemotretan untuk bagian Family Portrait

Yang terakhir mungkin diperuntukkan untuk pengunjung yang malas browsing, saya usul untuk menambahkan mengapa menggunakan nama “Tomodachi”. Dan mengingat bahwa “Tomodachi” artinya teman, kira-kira bolehkah (bukan terakhir dong usulnya) ada foto-foto antara fotografer dan sang pengantin? Saya rasa, chemistry juga diperlukan antara kedua mempelai dengan para kru Tomodachi Photography. Walau tentu saja, profesionalisme tetap nomor satu. Dan situs ini telah memperlihatkannya. 

 A good snapshot stops a moment from running away.  
Eudora Welty

Tulisan ini diikutkan di lomba review Tomodachi Photography di sini 

2 komentar:

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box