Jumat, 02 Mei 2014

YOU WHO CHANGED FROM THE STAR - LOL


Ternyata sinetron yang banyak dicela oleh banyak orang (termasuk gue tentunya) dan dibela habis-habisan oleh fanbase pemerannya adalah sinetron yang masih dalam perundingan untuk masalah lisensi.



Dari berita yang gue baca di site WOW KEREN ,stasiun SBS yang memproduksi K-drama Man From The Star menyatakan kalau sinetron Indonesia ini TIDAK/BELUM MENGANTONGI LISENSI RESMI. Berarti ketika negosiasi tengah berlangsung, sinetron ini sebenarnya sudah siap tayang. Wah. Jadi selama serial aslinya masih diputar di Korea, mungkin THE-SO-CALLED-WRITER terus menonton dan menyalin adegan beserta dialog. Lalu tanpa menunggu mereka sudah dapat ijin atau lisensi, shooting langsung jalan. Dan mumpung serial aslinya baru saja selesai tayang, maka buru-buru serial versi Indonesia ditayangkan. Hebat kan? Kreativitas dan upaya menyontek jadi gampang berkat bantuan dunia maya.

Tapi gue rasa lewat internet juga, pihak SBS jadi tahu kalau sinetron ini sudah tayang di Indonesia. Seperti yang gue baca di SOOMPI FORUM  - dimana gue MENYONTEK untuk judul postingan blog ini - ramai komentar netizen Korea mengenai sinetron contekan ini. Aduh, malu-maluin deh.. Padahal ada pembelaan habis-habisan dari akun fanbase Nikita Willy kalau sinetron ini sudah membeli lisensinya. Yah, usaha untuk membeli lisensi sih memang sedang berlangsung. Tapi tetap tidak mengurangi fakta bahwa sinetron ini jadi bermasalah karena langsung tayang padahal ijin belum turun.

Sebenarnya sih, kalau mau dihitung, ada banyaaaaaaaaaaaaaak sinetron dan FTV di Indonesia yang hasil menyontek dari serial dan film luar negeri. Hanya, gak yang sampai jiplak abis seperti yang satu ini. Jadi walau dicela kanan kiri akhirnya sinetron-sinetron ini jalan terus. Mungkin banyak yang masih ingat sinetron Buku Harian Nayla yang dituduh menyontek dari J-dorama yang diambil dari kisah nyata: One Litre Of Tears. Bagi yang lupa bisa buka site WIKIPEDIA dan ada keterangan soal kemiripan sinetron ini. Bahkan di site yang sama pula sampai ada DAFTAR SINETRON INDONESIA yang mengadaptasi cerita dari serial luar.

Menulis cerita itu memang susah. Ide sih banyaaaaaaaaaaaak ada di kepala (pengalaman pribadi). Tapi untuk mengembangkannya menjadi cerita yang menarik bagi para pembaca dan akhirnya penonton, itu bukan hal yang gampang. Mungkin orang-orang yang berada dibalik sinetron KAU YANG BERASAL DARI BINTANG ini berburu dengan waktu. Mumpung sinetron aslinya baru saja kelar sehingga orang masih ingat sama yang aslinya. Mumpung sinetron aslinya yang baru kelar ini masih hangat dibicarakan. Toh memang dari awal sudah niat membeli lisensi jadi mari segera luncurkan saja sinetronnya. Yang gue heran adalah, orang-orang ini pastinya sudah sadar hukum dan tahu konsekuensinya kalau memutar sinetron tersebut sebelum dapat ijin. Tapi kenapa masih nekat juga ya? DAn menjadikan sinetron itu sebaiknya berjudul: YOU WHO CHANGED FROM THE STAR.
 

0 komentar:

Poskan Komentar

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box