Rabu, 11 Desember 2013

Berburu Tanggal 11.12.13

Postingan ini dimuat karena nguber tanggal 11.12.13.
Gak ngerti juga kenapa bela-belain nguber padahal bukan tanggal buat merit. Anyway, mau membahas aja lagi soal media sosial.



Ah, what I can do without it nowadays? Kelihatanya gue sekarang sudah jadi banci media sosial karena adaaaa aja yang gue post di sana sini. You name it I got it dan gue semakin doyan aja tiap hari sampai malas baca apalagi ngeblog. Gue sih berharap jangan sampai gue menulis atau post sesuatu yang bakal gue nyesel di kemudian hari.

Waaaah, gue kembali ke masalah ini lagi? Yup... Karena beberapa hari yang lalu gue baru saja browsing di internet dan ketemu website ini. Salah satu postingan di website ini adalah tentang:

Stupid Posts on Facebook (termasuk foto-foto yang gak genah kayak di toilet atau hasil ngintip orang lain)
Stupid status on Facebook (diantaranya bercerita tentang hal yang udah jelas gak mungkin terjadi seperti: I hate US Goverment. I want to move to FLORIDA - errrh?)
Awkward interaction on Facebook (Yap! Kalau pada menebak soal cewek yang ngomel-ngomel kerjaannya gak okeh termasuk si bos : anda benar. Dan tebak, bosnya baca dan hasilnya cewek itu dipecat)

Dan yang dibilang stupid and awkward itu memang benar-benar sebodoh yang diceritakan di artikel tersebut. Kadang gue antara mengerti dan enggak (dan lebih banyak sih lost in translation) kenapa orang demen post hal-hal yang buset deh. Mungkin untuk menambah follower? Atau seneng karena diperhatikan sama banyak orang walau perhatiannya itu gak bisa dibilang menyenangkan?

Contoh aja nih, beberapa waktu lalu seorang teman gue post di timeline - print screen status celotehan seorang anak terhadap mamanya. Gue sih memang gak ikut-ikutan posting print screen tersebut. Tapiiii, gue mengomel di status soal anak yang buset kurang ajar banget sama orang tua. Hey, semarah-marahnya sama ortu gue gak pernah bilang: bapak + ibu kalau disingkat adalah: babu. Hasilnya? banyak temen-temen gue penasaran dan mulailah gue serta mereka google tentang anak tersebut. Isi timeline anak tersebut di FB asli super kasar dan gue menyesal turut menyebarkan cerita tentang dia distatus gue. Why I even bother to make RUDE NOT SO IMPORTANT people get famous? But I did anyway, dan ternyata bukan gue aja yang kepancing untuk membaca, berkomentar dan menyebarkan. Seperti infotainment ya, kalau dipikir-pikir. Kebanyakan beritanya itu selalu yang bikin jengkel, kebenarannya belum pasti tapi pemirsa ketagihan untuk menonton terus. Hal yang menyebalkan itu jadi bahan gosip dan perbincangan, seolah gak ada hal lain yang okeh buat diomongin. Padahal yang punya akun yang berisi kata-kata kurang ajar pada orang itu belum tentu benar-benar milik seorang anak. Bisa aja milik orang dewasa yang iseng dan mungkin ketawa-tawa melihat reaksi orang yang marah-marah.

Ada juga contoh yang lain, ketika tanggal 1 Desember 2013 ada berita mengenai Paul Walker yang meninggal dalam kecelakaan mobil. Lalu malamnya, beredar foto yang katanya sih jenazah Paul Walker. Gak tau bener atau enggak, tapi tetap aja menurut gue pribadi amat sangat gak etis untuk jadi bahan konsumsi publik. Gue masih ingat ketika seorang penyanyi lokal meninggal di sebuah hotel karena konsumsi obat terlarang. Kayaknya gak ada sudut jenazahnya yang gak difoto sama wartawan dan jadi konsumsi publik. Banyak dari orang-orang juga mulai ikut menyebarkan bahkan memasang foto jenazah Paul Walker. Padahal belum pasti juga kebenaran dari foto. Cumaaaan, kayaknya tangan itu gateeeeellll ya kalau gak buru-buru nyebarin di media sosial. I know the feeling but thanks God, I still know a bit about restrain myself.

Ohya, kalau kegilaan di media sosial ini belum cukup ada lagi website baru yang isinya hate your friends. Kayaknya sih untuk registrasi bisa dengan akun Facebook. Lalu kita bisa memilih, mana dari teman-teman di FACEBOOK itu yang kita gak suka. Nah, kalau si teman juga registrasi di website itu tentunya jadi tahu temen mana yang gak suka sama dia. And then they can HATE EACH OTHER. REALLY? Apa segitu kurang kerjaannya ya? Dan mungkin juga website ini ada karena tahu kebutuhan orang yang ingin seluruh dunia tahu permasalahannya tanpa butuh solusi.

Bukankah begitu?

0 komentar:

Poskan Komentar

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box