Rabu, 02 Oktober 2013

Hari Batik Nasional

Picture taken from Batik Jewels
2nd October is Batik National Day :) Don't know anything about batik? Read it here.

Selamat hari Batik Nasional semuanya.

Dan....gue lupa kalau hari ini adalah Hari Batik Nasional!



Tapi sebenarnya kalau gue mau cek koleksi baju gue yang gak banyak itu, apa ada baju gue yang benar-benar batik? Maksudnya, baju yang dibuat dari kain batik sungguhan dan bukan hasil olahan massal pabrik yang tentu saja gak asli. Setelah gue nguprek lemari ternyata benar. Dari koleksi baju batik gue yang gak sampai 10 itu... (iye, iye, gue kurang nasionalis...ngaku deh) ternyata gak ada satupun dari baju-baju batik itu yang asli batik. Semuanya hasil pabrikan dan yang pasti bukan yang asli. Iseng nanya nyokap, ternyata beliau punya yang asli dan gak dijadikan baju. Sayang katanya mesti memotong kain batik itu untuk dijadikan baju. Iya juga sih.

Gambar diatas yang gue ambil dari Batik Jewels kita bisa melihat kalau kain batik dan tentunya banyak lagi kain tradisional dari masing-masing suku itu lewat proses yang gak gampang. Ibu itu tengah membuat karya seni di atas kain tersebut. Jadi ya memang gak heran juga sih kalau kita merasa sayang memotong, menggunting, kain yang merupakan hasil proses seni tersebut. Sudah harganya mahal pula! (sebenernya ini sih masalah utamanya). Ya dong, dengan proses pembuatan yang sulit gak heran kalau nilainya jadi tinggi.

Dulu gue gak terlalu suka sama baju batik karena model-modelnya yang membosankan. Plus ya itu tadi, harganya yang mahal. Pemakaiannya juga terbatas paling ketika ke pesta pernikahan atau mungkin ke tempat ibadah deh. Itu aja kalau sudah pake batik, orang langsung nanya: mau kondangan ya?

Karena gue kurang pengalaman dengan baju batik, biasanya gue akan minta tolong temen untuk nemenin kalau memang niat nyari baju batik. Hanya mata orang yang bener-bener demen batik dan sering pake batik beneran yang bisa membedakan, mana batik hasil buatan massal pabrik. Dan mana batik yang benar-benar hasil buatan tangan. Jadi bukan berarti karena harganya mahal, kain atau baju batik itu pasti asli; terutama yang merk-nya gak jelas. Batik itu juga ada macem-macem loh. Ada batik Pekalongan, batik Cirebon bahkan gue juga baru tahu kalau ada batik Bali! #tepokjidat

Mudah-mudahan aja kelak, gak cuman batik yang diakui sama UNESCO tapi juga banyak lagi hasil kerajinan Indonesia lainnya.


0 komentar:

Poskan Komentar

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box