Jumat, 20 September 2013

Hal Lama Yang Gak Perlu

Source


Ketika sedang browsing gue menemukan artikel ini dan jadi nyengir sendiri karena gue masih melakukannya hingga sekarang.

Jadi ada beberapa kata yang sebenarnya udah gak perlu lagi dipake dalam korespondensi. Kata-kata tersebut adalah:


  1. I think …  Katanya nih, kalau kalimat dimulai dengan kata-kata ini, sama aja kita memberi kesan kalau kita sendiri gak yakin sama diri sendiri. Setiap kata yang merangkai jadi kalimat dalam surat menyurat itu harus memberi kesan bahwa kita tahu dan yakin tentang yang kita bicarakan. Contohnya kalau di dalam novel atau surat yang non formal bilang : I think , sama aja dengan memulai dengan kata-kata: kayaknyaaaaa ....
  2. Please be advised… Gue paling sering nih pake yang kalimat ini. Kesannya sopan gituh. Ternyata ini termasuk yang gak perlu. Mendingan langsung aja ke pokok masalah dan gak perlu basa basi. Nah loh?
  3. Please do not hesitate to contact me … Hehehehe, ini juga yang termasuk gue sering pake kalau sedang surat menyurat. Gak usah dibilang kayak gini, orang pasti akan menghubungi kita jika tertarik sama yang kita tawarkan atau memang ada sesuatu yang penting yang harus ditanya.
  4. Kindly … Pake kata ‘Please’ udah cukup daripada yang ini. KUNO, katanya.
  5. Enclosed please find … or Attached please find... Biasanya orang menggunakan kalimat ini untuk menghindari pemakaian the personal pronoun ‘I’. Yang ini juga termasuk KUNO. Gak apa-apa untuk bilang : I have attached...
Menurut si pembuat artikel, kata-kata diatas itu hanya untuk basa basi dan di jaman yang serba cepat begini, orang gak punya waktu untuk membaca kalimat sepanjang itu.

Hahahahaha, sementara menurut gue kata-kata itu untuk kesannya sopan dan menghormati si klien. Yah, mungkin gue harus belajar lagi mana yang cocok dengan penggunaan kalimat seperti yang sudah dicontohkan tadi dan mana yang enggak. Apakah sama dalam menghadapi western people and eastern people? Atau memang sebaiknya gue puter otak kalimat bagaimana yang sopan tapi gak wasting time?

Ohya, gambar diatas juga membuat gue ngakak abis... Gue ingat seorang yang gue kenal pernah ngomel begini: "Siapa sih yang menciptakan email? Itu jadi mimpi buruk buat gue. Email dataaaaaaaaang terus gak berhenti sama sekali walau sudah tengah malam!"

Tergantung dari sudut mana sih memandangnya... Hahahhahaa

0 komentar:

Posting Komentar

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.

Flag Counter

Flag Counter