Senin, 19 Agustus 2013

Nonton Online


Okay gue ngaku. DAlam usaha gue menulis, selalu adaaaaa aja distraction yang berhasil gue temukan untuk tidak menyelesaikan tulisan gue. Mulai dari baca buku cerita, nonton film seri (which is akhir-akhir ini gue lagi come back sama yang namanya K-drama) , atau kerjaan di rumah yang biasanya gue ogah berat untuk mengerjakan kayak nyapu, ngepel, nyuci and so on.

Nah, akhir-akhir ini gue baru saja menyadari kalau gue bisa nonton serial K-drama di BB.Kenapa awalnya gue sampai nonton online K-drama? Pertama, my distraction hobby awalnya adalah membaca sinopsis. Gue demen banget sinopsis di berbagai blog yang bertebaraN di internet. Yang gue demen sebenarnya sih adalah komentar dari yang membuat sinopsis tersebut. Misalnya mereka gemes sama tokoh antagonis yang lolos melulu setiap kali melakukan tindakan kejahatan. Atau kesal karena tokoh protagonisnya bodoh banget. Tapi ketika liburan Lebaran kemarin, kebanyakan dari mereka juga libur alias gak posting sinopsis sama sekali. Sementara gue udah keburu penasaran sama kelanjutannya. Lalu mendadak gue keingat seorang temen dulu pernah mengenalkan ke gue forum yang namanya Soompi. See? Kalau gue itu lebih menuruti distraction daripada focus? Anyway, kembalilah gue melipir di forum itu dan jrenggg... Gue dapat link untuk nonton serial K-drama online. Dengan substitle. Dan bisa dibuka di BB. Walau mata asli butek karena layarnya kan kecil.

Dan karena sudah keasikan nonton gratis, kenapa berhenti di satu film saja? Gue pun mulai nonton film-film yang lainnya, terutama yang episodenya belum terlalu panjang. Dari beberapa yang sedang gue tonton, gue mau bahas dua aja deh.



WHO ARE YOU

Adegan dimulai dari dua orang polisi yang sedang dalam tugas pengintaian. Lalu terjadi adegan saling menguber dan menembak, dan salah satu polisi tertembak. Sepertinya yang menembak adalah orang yang dikenal oleh polisi tersebut. Polisi yang satu lagi hanya melihat rekannya yang tertembak tanpa melihat pelakunya. Dan ia sendiri terluka karena mendapat pukulan di kepala. Polisi cewek Yang Shi-On (So Yi Hyun) itu akhirnya mengalami koma dan baru terbangun setelah 6 tahun kemudian tanpa bisa mengingat kejadian tersebut. Adegan berpindah dengan Yang Shi-on bertugas di departemen Lost and Found Centre (gue baru tahu ada departemen beginian). Ia jadi inspektur senior dan hal ini gak disukai oleh inspektur Cha Geon Woo (Ok Taec Yeon). Apalagi berita mengenai Yang SHi On yang baru sadar dari koma selama 6 tahun pake acara amnesia pula. Dan hal itu ia tunjukkan dengan terang-terangan pada Yang Shi On yang terlihat tidak terlalu memusingkan hal tersebut. Yang tidak diketahui oleh banyak orang lain adalah sejak sadar dari koma, Yang Shi On dapat melihat arwah-arwah penasaran. Atau mungkin tepatnya, arwah-arwah penasaran itu memunculkan diri dihadapannya. Biasanya setelah ia menyentuh barang milik hantu tersebut yang ada di...jreng, jreng...gudang tempat ia bertugas. Yah, namanya aja departemen Lost And Found Centre. Dari melihat arwah ini, Yang Shi On berhasil menuntaskan dua kasus pembunuhan. Lalu  di gudang ia menyentuh sebuah kotak, dan mitra kerjanya yang telah gugur saat bertugas itu pun datang menghantui dirinya. Ada kemungkinan besar, orang yang bertanggung jawab atas kematian mitra (sekaligus kekasihnya) yang bernama Lee Hyung Joon (Kim Jae Wook) itu adalah orang dari kepolisian yang dekat dengan mereka berdua.

Sebenarnya ceritanya cukup menarik tapi ada hal yang beneran mengganggu gue banget. Yang Shi On ini asli damsel in distress banget yang sepertinya gak bisa berbuat apa-apa tanpa bantuan Cha Geon Woo. Baru sampai episode 6 tapi selalu aja ada adegan dimana Shi On berada dalam bahaya dan Cha Geon Woo pasti datang tepat waktu untuk menyelamatkan dirinya. Plus, arwah kekasihnya pun ikut menolong Shi On agar dirinya terhindar dari bahaya. Ohya, hantu-hantu di film ini tidak ada yang berbicara. Jadi gue salut juga sama aktingnya Kim Jae Wook. Karena dia mengandalkan bener ekspresi wajah, gerak gerik tubuh dan tentunya sorot mata. Jadi, walau kadang ceritanya biasa banget tapi gue tetap penasaran sama akhirannya. Semoga saja akan ada banyak adegan dimana Shi-On bisa membuktikan dirinya itu memang beneran polisi yang okeh. Atau mungkin itu efek dari bisa melihat hantu yang cuman dieeeeem aja dengan sorot mata yang tajam.


Master's Sun


Adegan dimulai dari seorang cewek yang stress karena diuber-uber sama hantu yang mukanya jelek. Cewek yang bernama Tae Gong Shil (Gong Hyo Jin) ini akhirnya pergi ke rumah duka dan menyampaikan pesan dari hantu yang ternyata arwah penasaran dari seorang nenek. Lalu ada hantu yang memberitahukan kalau ada mobil yang akan lewat dan dia bisa menumpang. Mobil milik cowok kaya bernama Joo Joong Woon  (So Ji Sub) ini beneran lewat. Tapi si pemilik jelas gak suka melihat Gong Shil. Siapa juga yang demen ngeliat cewek yang walau cakep tapi penampilannya berantakan, suka ngomong sendiri gak jelas, selalu terlihat mengantuk dengan mata panda di wajahnya. Saat ketakutan melihat hantu, Gong SHil refleks memegang Joong Won dan menyadari fakta menarik. Hantu-hantu itu lenyap begitu ia memegang tubuh Joong Won. Nah, another damsel in distress lagi khan? Jelas Gong SHil langsung memohon, merengek, berusaha agar ia dapat berdekatan terus dengan Joong Won. Dia malah meminta agar Joong Won mau tidur bareng. Beneran tidur bersebelahan doang, gak ngapa-ngapain selain berpegangan tangan. Rupanya Gong Shil tidak berani kebanyakan minum ataupun tidur, agar tubuhnya tidak dirasuki para arwah penasaran tersebut. Kenapa Gong Shil bisa seperti itu? Padahal ia adalah murid yang berprestasi dan termasuk populer di sekolah. Rupanya ia mengalami kecelakaan dan setelah pemulihan, ia malah tidak bisa hidup normal akibat kemampuan baru tersebut. Joong Won sendiri menyimpan cerita sendiri  Ia yang saat itu mengalami penculikan harus menyaksikan sendiri kekasihnya meninggal dalam suatu kecelakaan. Jadi, apa mungkin nih dua orang yang berasal dari latar belakang berbeda dan tujuan hidup yang jelas jomplang ini bisa hidup berdampingan?

Ceritanya okeh juga tapi sebenarnya gue kurang suka sama Gong Hyo Jin. Dan kalau bukan karena So Ji Sub, gue malas banget nonton nih film. Gue kesel setiap kali ngeliat tokoh Tae Gong Shil ini yang merengek-rengek dan sok tersipu-sipu setiap kali bertemu dengan Joong Won. Atau mungkin justru disitu kekuatan aktingnya makanya gue jadi sebel beneran? Hahahaha. Ada cerita seorang cowok yang menyelidiki tentang Joong Won dan kayaknya ada hubungan saudara. Masih gak jelas juga siapa sih cowok itu dan sepertinya ia juga naksir sama Gong Shil. Ribet. ANyway, baru sampai episode 4 jadi sepertinya gue masih harus menunggu lama untuk melihat kelanjutannya bagaimana.


Sekedar informasi, di Korea sendiri, rating The Master's Sun ini lebih bagus dibandingkan dengan Who Are You.

Dari dua cerita tentang cewek yang bisa melihat hantu ini ada dua hal yang sama. Yaitu, dua tokohnya sama-sama mengalami kecelakaan terlebih dahulu dan melukai bagian kepala. Dan begitu mereka pulih, mereka mendadak punya kemampuan melihat hal-hal yang supranatural. Yang agak berbeda mungkin dari penampakan hantunya. Yang Shi On baru melihat hantu setelah dia menyentuh barang milik hantu tersebut. Sejauh ini, tidak ada satupun dari hantu itu yang berbicara padanya verbally. Jadi mereka hanya menggunakan gerak gerik badan dan tidak akan berhenti menampakkan diri sebelum Shi On membantu menyelesaikan masalah mereka. Sementara di The Master's Sun, hantu-hantu yang terlihat oleh Tae Gong Shil ada sama banyaknya dengan jumlah manusia yang berseliweran bersamanya. Tapi, tidak semua hantu-hantu ini diperlihatkan pada penonton. Sehingga, ia benar-benar terlihat seperti orang sinting yang berbicara sendiri pada udara. Menghindar hal-hal yang tidak terlihat oleh orang lain.

Dan hal yang sama lainnya adalah, dua cewek ini benar-benar hopeless tanpa kehadiran pria-pria (dan hantu) dalam kehidupan mereka. Sesekali gitu loh, mereka bisa terlihat tangguh tanpa harus cry baby atau ketiban apes dalam situasi yang sebenarnya mereka sudah tahu berbahaya tapi masih diterobos juga. Tapi mungkin kalau gak gitu ya gak seru.

So, anyway...gue gak sabar menunggu kelanjutan dari dua film seri ini. Konon pula, dari Soompi gue tahu kalau bakal ada serial tentang polisi yang bisa melihat hantu. Mungkin karena ada dua serial yang ceritanya mirip sedang berbarengan on air, cerita yang satu ini ditunda pemutarannya. KAtanya sih bulan Desember. Tapi, entah ya kalau diundur lagi.

Kenapa gue asik membahas ini? Karena gue sedang nyari inspirasi cerita hantu yang gak berat-berat amat. Hehehehhe

2 komentar:

  1. Mau dong mbak linknya. aku biasa nonton di dramacrazy di PC tapi uda shut down. jadi sekarang hasrat streaming kdrama sedikit mengendur.. heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di click disini http://korean-eps.com/

      Hapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box