Rabu, 06 Februari 2013

Diskusi buku Alazhi, Perawan Xinjiang


Hari Sabtu tanggal 2 February gue dan Nastiti berkesempatan mewakili Kampung Fiksi  yang mendapat undangan dari Penerbit Mizan untuk menghadiri diskusi buku Alazhi Perawan Xin Jiang karya Nuthayla Anwar. Lokasi tempat diskusi berada di area Mall Bellagio Mega Kuningan. Belum pernah melihat diskusi buku nih… Baru kemarin merasakan soft sama grand launching buku karya JKR: The Casual Vacancy. Jadi jelas gue penasaran juga.

Tapi godaan untuk menarik selimut dan tidur sepanjang hari gede banget di hari Sabtu itu. Hujaaaaan dari pagi mengguyur Jakarta walau sebentar berhenti namun datang lagi dan lagi. Plus kondisi badan yang enggak banget membuat gue sempet mikir, jadi apa enggak nih? Tapi, akhirnya begitu hujan berhenti sekitar jam 12 siang gue pun langsung cabut dari rumah dan janjian dulu sama Nastiti di Plaza Senayan.


Dari Plaza Senayan meluncurlah kita berdua menuju area Mega Kuningan dan masuk ke area Bellagio Mall. Di undangan tertera kalau tempat diskusi berada di Soul In CafĂ© maka kesanalah kami menuju. Eh, sampai disana ada mbak Esti yang menyambut di depan dan langsung menyuruh kita berdua untuk segera masuk dan makan siang. Wah, biar udah makan dari rumah…udara dingin membuat gue cepet laper lagi. (ALESAN). Untung Nastiti gak malu jalan sama gue yah… Hahahahahha

Didalam kami disambut oleh seorang wanita cantik yang dengan ramah menyapa dan menanyakan nama kami. Setelah memperkenalkan diri kalau gue dan Nastiti datang mewakili Kampung Fiksi dia langsung mempersilahkan untuk mulai menikmati makanan yang disediakan. Gue dan Nastiti tidak tahu siapa cewek itu walau gue rada curiga kalau dia pengarangnya. Tapi sepertinya buku ini karya pengarang luar ya; buku terjemahan gituh. Halah, datang ke diskusi buku kok gak mencari tahu dulu gituh ceritanya tentang apa dan siapa pengarangnya. Okay, gue berjanji akan menyimak dengan penuh perhatian dueh. Apalagi dapat semacam makalah dan….buku gratis! Uhuy!
Diskusi ini selain menghadirkan penulisnya: Nuthayla Anwar, ada juga narasumber lain yaitu: Damhuri Muhammad (esais, kurator sastra Media Indonesia) dan Hudan Hidayat (pengamat sastra, cerpenis). Acara diskusi dipandu oleh: Binhad Nurrohmat.
Ketika acara berlangsung baru deh nyadar kalau cewek cantik yang menyapa kita adalah…jreng, jreng… sang penulis buku yang akan menjadi bahan diskusi ini. Jadi buku ini bukan terjemahan melainkan memang hasil karya penulis Indonesia. Okeh, dipersilahkan tepok jidat masing-masing. 
Acara dimulai dengan pemutaran video mengenai kerusuhan yang terjadi di Xinjiang, provinsi barat daya China. Kemudian sekilas diceritakan tentang isi buku tersebut yang bercerita mengenai wanita suku Uyghur bernama: Alazhi. Cerita berputar pada kehidupan Alazhi dan kedua saudarinya yang akhirnya meninggalkan rumah, mengejar kehidupan yang mereka inginkan. Apakah mereka berbahagia dengan keputusan itu? Atau ada tragedi yang membayangi  akibat keputusan mereka? Pergolakan tokoh ceritanya yang disampaikan dalam buku tersebut.  Sang pembawa acara sampai bertanya-tanya, mengapa ya buku best seller umumnya bercerita tentang tragedy? Tanya….kenapa?

Ternyata oh ternyata, Alazhi benar-benar ada dan dirinyalah yang menjadi sumber inspirasi Nuthayla dalam menyusun kisah ini. Bukan berarti tidak ada kesulitan karena kendala bahasa terjadi sehingga Nuthayla harus menggunakan penerjemah. Selebihnya, tentu saja melalui riset yang tidak dalam waktu singkat. 10 bulan total novel ini akhirnya berhasil dirampungkan.  Lewat pemutaran video kami juga menyaksikan secara singkat kehidupan suku Uyghur.  
Acara tanya jawab berlangsung terutama mengenai proses pembuatan novel. Akhirnya sampai di penghujung acara yaitu….apalagi kalau bukan minta tanda tangan J Thanks untuk Peter dari Penerbit Mizan yang sudah mengundang Kampung Fiksi untuk menghadiri acara ini. 



Mudah-mudahan sering-sering nih bisa menghadiri diskusi tentang novel dan semoga aje lain kali gue udah baca yaaa… ^_^

2 komentar:

  1. Jadi penasaran sama novelnya. Soalnya kayaknya setting-nya menarik: Uyghur.

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box