Blog berisi curhatan si lajang

Selasa, 02 Oktober 2012

HARI BATIK NASIONAL




Hari ini adalah hari Batik Nasional lowhh :) Ternyata gak banyak juga yang tahu. Hahaha, jujur aja sih kalau gak karena sering melipir di media sosial kayaknya gue juga bakal gak tau deh :)

Konon sih, tahun 2012 adalah tahun ketiga sejak penetapan Hari Batik Nasional. Gaaak, gak libur. Buset, maunya libur aja ya. Jadi, dihimbau agar setiap hari Jumat orang menggunakan baju batik. Dan penentapan ini sejak diakuinya Batik sebagai WARISAN BUDAYA INDONESIA oleh Unesco (baca deh disini).



Gue dulu bukan penggemar batik karena menganggap sebagai bahan baju yang buset mahal bener. Sudah mahal dan hanya bisa dipakai di acara-acara formal. Lah, seberapa sering sih anak kecil dan remaja yang harus menghadiri acara formal? Jadi, tentu saja batik bukan pilihan utama dalam memilih baju. Dan mungkin juga karena batik itu identik dengan hal yang tradisional, kuno, gak mengikuti jaman and so on.

Tapi gara-gara gaul sama seorang teman yang memang fashionista dan penggemar batik, gue jadi ketularan deh suka. Oh, belum suka banget kok karena kantongnya belum cukup untuk hal-hal seperti itu. Paling tidak, gue punya lah beberapa baju batik yang modelnya gak pasaran banget. Dan kalau ingin mencari batik yang okeh dan asli beneran, gue ajaklah temen tersebut untuk menemani karena sampai sekarang gue belum bisa membedakan. Yang mana sih yang asli batik tulis itu dan mana yang hasil produksi massal di pabrik?

Untuk yang asli harganya memang nabok bener apalagi kalau gak demen sama motifnya. Gak perlu pusing. Toh, kalau hanya sekedar memenuhi kewajiban memakai baju batik sudah tersedia banyak di pertokoan. Murah meriah dan motfnya menarik, walau tentu modelnya pasaran dan jangan harap itu batik asli. Khan yang penting ada motif batiknya toh?

Mudah-mudahan sih, akan ada banyak kebudayaan nasional kita yang diakui oleh dunia dan gak keburu disikat sama negara lain hanya gara-gara banyak orang Indonesia dari suku tertentu yang tinggal disana. Hellowww.... Banyak orang Cina di seluruh penjuru dunia, misalnya di Amerika. Tapi apakah Amerika lalu mengklaim kebudayaan barongsai sebagai warisan budaya mereka? Tidak khan? Tentunya sih, maunya kita semua juga kudu sayang, memperhatikan, melestarikan dan promosi kebudayaan sendiri. Gak gampang memang :)

Selamat Hari Batik Nasional ^_^

3 komentar:

  1. batik.. saya terobsesi dengan batik bergambar kalajengking. adakah? saya pengiin banget.

    BalasHapus
  2. Aww..gw blum bikin entri ttg hari batik, wkwkwk...

    Kalo gw, karena bokap pegawai negri dulu itu, dan walopun sebelum itu kerjanya di PT di bwh sbh instansi pemerintahan, tapi kegiatan2 ibu2 di perusahaan swasta itu terkait banget dengan organisasi2 pemerintah. Jadi, batik dan kebaya itu justru pakaian yg sudah sangat biasa gw liat dikenakan oleh bokap dan nyokap dari kecil sampe besar. Itu sebabnya sblm batik jadi heboh, gw sempat digelarin ibu kartini saking sering pake baju motif batik dan suka pake kebaya modern, huahahahahaaaaaa... Kalo dulu gw dianggap rada2 kuno dan aneh :p sekarang udah ga unik lagi, hiksss...

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.