Jumat, 28 September 2012

(Jangan) Lakukan!

The old times
Temen gue cerita kalau keponakannya gak suka dilarang-larang sama si nenek. Jadi ceritanya si keponakan yang mungkin masih berusia sektiar 5 tahun ini sedang hiperaktif alias gak bisa diem. Seneng lompat sana sini dan bahkan memanjat pohon. Sementara si nenek langsung melarang begitu melihat si cucu akan melakukan kegiatan yang menurutnya beresiko. Cucunya jelas bete dilarang karena dia sedang senang-senangnya melakukan hal tersebut. Sementara si nenek sudah penuh dengan imajinasi: hadeuh kalau cucu gue jatuh dari pohon gimana? Ya ampun, jangna biarkan dia lari-lari seperti itu nanti jatuh! Jangan begini karena nanti akan begitu and so on... Si anak merasa dikekang sementara si nenek merasa, well...elo gak tau aja kalau jatuh tuh sakit. Gue itu berusaha melindungi elo, tau gak sih!

Sementara di kantor, lain lagi ceritanya. Ceritanya ada anak baru dan gue bertugas mengajari dia mesti ngapain, dan mesti menghindari apa dalam pekerjaannya. Singkat kata, makes ZERO MISTAKE. Mungkin otaknya mikir, mana bisalah orang gak bikin salah sama sekali dalam pekerjaannya? So, bertanyalah dia dengan polosnya,"Memangnya kalau bikin salah kenapa ya mbak?"


Jreng.... Sebenarnya ada keinginan juga sih untuk...hmmm, biarin aja deh elo kena bikin salah dalam pekerjaan. Biar nanti kesalahan itu dicatat oleh si bos. Lalu diinget-inget sepanjang masa sehingga prestasi apapun gak bakal nutup kesalahan itu. Dan kalau sudah disebelin bos pengaruhnya bisa kemana-mana dan bisa aja ke gaji. Ya, gimana gaji bisa naik dong kalau kerjanya dinilai gak okay? Lalu gue ingat kalau dia bikin salah, gue juga yang repot karena bakal kena damprat juga dianggap mengajarkan yang gak bener... Well, nasehat sih tetap diberikan walau dia mau nurut apa enggak ya kembali ke orangnya lagi dueh.

But anyway, gue rasa itu yang membedakan youngsters and elders. Orang yang lebih tua (KEBANYAKAN) sudah melewati banyak hal dalam hidup. Mereka pernah membuat keputusan dan ternyata prosesnya menyakitkan dan hasilnya tidak sesuai seperti yang mereka harapkan. Dan ketika melihat orang yang dikenal atau keluarga sendiri akan melakukan hal yang sama mereka pasti akan bereaksi. Aduh, elo ngapain memilih jalan seperti itu? I've been there, done that. Tidak seperti yang elo bayangin. Jatuhnya bakal sakit, begitu sakit sehingga mungkin akan butuh waktu lama untuk bangun. Makanya dalam mengambil keputusan, orang yang sudah melewati begitu banyak kejadian akan mengambil waktu yang cukup lama untuk mikir. Sementara bisa jadi karena belum pernah mengalami, tanpa pikir panjang...ah, mari kita lakukan begini dan lihat hasilnya nanti. What you don't know won't kill you. Bukankah begitu?

Ada yang kita lupa bahwa setiap orang akan mengalami hal yang berbeda. Ada sih yang efeknya pasti sama, seperti memegang bunga mawar hati-hati sama durinya karena kalau lengah pasti tertusuk. Dan itu ya pasti sakit. Terkena sundutan api jika iseng bermain dengan korek api atau lilin juga pasti sakit. Dan bisa berabe kalau sampai terjadi kebakaran (widih, amit-amit). Tapi masih banyak hal yang belum pasti dan belum tentu juga kalau orang lain mengambil langkah yang sama itu hasilnya akan sama. Dan yang terpenting, biarpun kita sudah bilang hey tertusuk duri itu sakit! Terkena sundutan api itu perih! Untuk beberapa orang, kalau belum kena sendiri mereka tidak akan mengerti... Karena mereka ingin tahu, kenapa? Apa? Lalu bagaimana?

Jadi minta mereka jangan lakukan? Atau silahkan lakukan dan tanggung sendiri? (Gue juga masih gak tauuuuu)

4 komentar:

  1. Untuk yg gw ga terlalu care: Silakan lakukan dan tanggung sendiri.

    Untuk yg gw merasa care: Jangan lakukan!

    :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener2 dilarang jangan lakukan ya :D

      Hapus
  2. saya komen untuk fotonya. asli eksotik tu, ngebayangin ada disitu, kayaknya tenteram ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha, postingannya bikin pusing ya

      Hapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box