Kamis, 30 Agustus 2012

Jenis-jenis Tulisan Fiksi

  Wah, udah lama juga gue puasa menulis dan beneran deh... Semua tips and trik menulis itu gak akan ada gunanya kalau gak dipraktekkan. Karena gue merasa sendiri nih blank-nya pas baru mau memulai menulis lagi. Yang ada gue bengong lamaaa dan berakhir dengan baca buku cerita alias menulisnya gak maju-maju.

Oh? Baca buku cerita apa nih? Gue suka cerita-cerita mistery pembunuhan sejak SMP. Salahin temen gue deh yang meminjamkan buku Agatha Christie yang mengenalkan gue dengan detektif Hercule Poirot. Jadilah sejak itu gue demen dengan cerita-cerita misteri lalu merambat ke cerita hantu kemudian ke cerita fantasy lainnya. Dan gue nyaris tidak pernah membaca cerita romance, entah yang versi lokal ataupun terjemahan. Dan ternyata, hal ini berpengaruh banget pada tulisan-tulisan gue. Coba tanya temen-temen gue yang pasti pada ngakak kalau mendengar gue mengarang cerita romance. Langsung kutu gue mati semua tuh (idih. gue punya kutu?).

Kalau begitu sebenarnya ada apa aja sih genre tulisan fiksi? Gue mencoba browsing dan menemukan daftar jenis-jenis utama tulisan fiksi sebagai berikut:


1. Cerita anak
Kayaknya gampang ya tapi prakteknya belum tentu. Apa yang anak-anak suka dengan apa yang dirasa cocok dibaca anak-anak oleh orang dewasa itu sering gak nyambung.
Cerita anak bisa ditulis langsung oleh anak-anak dan dinikmati oleh anak-anak juga ataupun ditulis oleh orang dewasa. Cuman ya begitulah, apa yang menarik untuk orang dewasa belum tentu okeh bagi si anak itu sendiri.

2. Fantasy
Setting-nya bisa di bumi di masa lalu ataupun sekarang. Atau dunia ciptaan penulis sendiri yang membebaskan imajinasi pembacanya.
Nuansanya bisa ke horor, atau berdasarkan cerita sejarah maupun legenda yang beredar di masyarakat, cerita-cerita superhero (tau dong seperti superman, spiderman) hingga ke romance fantasy

3. Horror
Cerita yang dibuat dengan tujuan untuk menakuti pembacanya atau setidaknya membuat pembacanya merinding abis. Cerita horror ini berakar dari cerita-cerita rakyat dan tradisi yang berfokus ke seputar kematian, kehidupan setelah kematian, setan and so on. Cerita-cerita tentang penyihir, vampire, manusia serigala, hantu, itu termasuk cerita horor.
Cerita horor yang paling berkesan buat gue: The Woman in Black by Susan Hill. Psst, kebanyakan penulis cerita horor itu justru cewek loh :)


4. Mystery
Cerita misteri biasanya dihubungkan dengan cerita detektif. Karena inti cerita adalah para karakternya berusaha mencari informasi utama mengenai suatu kejadian yang biasanya baru terungkap di akhir cerita dan menjadi klimaksnya.


5. Romance
Apa perlu diuraikan lagi? Cerita romance bisa berakhir bahagia atau sedih. Bisa juga yang membuat nyengir sepanjang membaca ceritanya karena tipenya komedi romantis. Ya, kayak di film-film begitu deh

6. Science Fiction
Biasanya setting ceritanya di masa depan dengan teknologi sebagai komponen utama dalam cerita. Bisa juga setting di planet lain. Cerita tipe ini terkadang bercampur dengan tipe lain seperti fantasy, romance ataupun misteri.

7. Thriller/Suspense
Thriller/suspense juga bisa bercampur dengan misteri.
Thriller sudah membuat tegang pembacanya karena sang tokoh utama sudah berada dalam bahaya sejak awal cerita.

Suspense :Tokoh utamanya perlahan menyadari bahwa dirinya terancam bahaya. Bedanya dengan cerita misteri adalah, dalam cerita suspense pembaca sudah mengetahui siapa pelaku kejahatan dan tegang menunggu apakah protagonisnya bakal sadar atau tidak nih?

9.Young adult
Konon nih sejak diterbitkannya Harry Potter maka genre ini berkembang pesat. Tokoh utamanya dimulai dari usia remaja dan ceritanya bisa berkisar romance bercampur supernatural, atau fantasy dan sekarang cerita-cerita fantasy dengan tokoh utama remaja banyak beredar. Hunger Games the series, Mortal Instruments, Twilight dan tentunya Harry Potter serta masih banyak lagi deh.


Jadi, kira-kira tipe cerita mana yang kamu suka dari daftar yang ada di atas ini?

2 komentar:

  1. kalo sekarang, saya suka yang horor sama yang lucu-lucu (masuk mana nih yang lucu?).
    makasih sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, itu dia... pas aku browsing gak nemu kategory comedy :)

      Hapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box