Selasa, 01 Mei 2012

Maaf?

Flower in the middle
Gue memperhatikan yah, orang itu suseh bener untuk minta (terkadang termasuk gue). Jadi seperti biasa gue mengira-mengira kenapa ya orang susah banget minta maaf kalau dilihat dari sudut pandang gue sendiri?


Mengaku salah

Iya dong, meminta maaf itu kan berarti kita mengakui kesalahan kita... Iya, gue salah melakukan ini dan karenanya menyebabkan ini... Gue meminta maaf... Dan buat mengakui kesalahan yang kita buat itu gak gampang bowww... Apalagi dalam situasi yang under pressure.... Elo payah, kerja aja gak becus and so on. Atau orangtua yang harus meminta maaf karena anaknya sudah melakukan perbuatan yang merugikan orang lain. Itu lebih berat lagi... Yang bikin salah siapa tapi yang harus minta maaf itu siapa juga...


Gengsi
Minta maaf? Enak aja. Terus kenapa kalau gue salah? Elo gak terima? Salah begitu aja masa elo gak bisa membiarkannya aja sih? Namanya aja...sodara...atau namanya anak kecil atau namanya aja khilaf...
Si namanya aja itu yg jadi alesan padahal karena kita gengsi banget untuk minta maaf, apalagi minta maaf duluan....


Gak mau tanggung jawab
Dengan meminta maaf, berarti selain mengakui kesalahan kita artinya juga siap bertanggung jawab akan konsekuensinya... Nah, biasanya ini juga membuat orang enggan ... Udah bikin salah ya udah... namanya aja khilaf... Masa gue harus menanggung semuanya? Ogah ah... Lagian bukan salah gue aja kok... Orang lain juga meembuat gara-gara... and so on

Tanggapan
Reaksi orang berbeda-beda dalam menerima permintaan maaf. Ada yang abis itu merasa ya udah masalah selesai sampai disini karena si pelaku udah minta maaf. Tai ada juga yang menerima permintaa maaf tapi tetap menuntut tanggung jawab dari si pelaku karena minta maaf gak menyelesaikan semua masalah  yang sudah terjadi. Kasarnya elo udah bikin gosong nih masakan, okeh minta maaf diterima tapi abis itu apa? Diganti gak makanannya? Nah, menghadapi reaksi ini yang membuat orang tambah males lagi deh minta maaf

Gue gak salah
Gak merasa salah karena tetap yakin apa yang dilakukan sudah bener membuat orang jadi berusaha keras membela diri dan tidak mau tau apa kata orang lain. Pokoknya gue yang bener, elo aja yang salah...Gak bisa mengikuti kemauan gue...


Jadi, gak heran kan kalau maaf itu adalah hal yang paling mahal di dunia? Susah dikatakan dan juga susah untuk diberikan?

Flower in the middle

2 komentar:

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box