Minggu, 05 Februari 2012

Bunda?


Siapa sih orang yang pertama mempopulerkan panggilan BUNDA di masyarakat? Gue bingung sejak kapan para SPG di pertokoan mulai sok akrab memanggil : BUNDA...

Dengan segala penuh hormat pada para Ibu yang mempunyai buah hati, panggilan itu memang cocok buat kalian para Ibunda... Tapi, buat gue yang belum punya anak maka panggilan itu berarti warning buat gue...

Satu, mengapa gue dipanggil seperti itu? Apakah memang gue kelihatan seperti udah punya anak? Wah, pasaran gue bisa jatuh gubrak banget dong kalau dikira udah punya suami dan anak... (gak usah disangka gitu aja pasaran emang udah jatuh kaleee... heehehehe)



kedua, apa si SPG ini mau sok akrab dengan gue pake acara manggil-manggil Bunda? Gak bakalan mempan tauuuuu!!!

Ketiga, pake nawarin produk buat buah hatinya, Bunda... Apa gue keliatan bawa anak kecil ya??!!!

Mengapa menyamaratakan semua orang dengan panggilan Bunda? Dulu aja dipanggil Tante gue udah bete banget... Emang sejak kapan gue kawin sama O'omnya dia?

Tapi setelah dipikir-pikir mungkin dikarenakan bahasa Indonesia tidak punya panggilan yang tepat untuk ditujukan kepada orang lain?

Jika dalam bahasa Inggris ada panggilan Madam, Miss, Sir...di Indonesia kenapa tidak dibiasakan seperti itu ya?

Apakah karena terkesan feodal sekali? Memanggil Nona pada semua wanita juga kurang tepat ya...jadi memang sebaiknya semua dipanggil Ibu kecuali yang keliatan memang imut-imut banget... Kadang kita juga suka bingung memanggil SPG yang umurnya jelas jauh lebih muda. Masa iya dipanggil : Mbak? Dipanggil Maas...? Dipanggil adek, lah emang sejak kapan dia jadi adek gue? Dipanggil 'Nak...waduh... gue belum setua ituuu

Di rumah sakit juga gue suka risih kalau mendengar para perawat memanggil Nyokap dengan sebutan Oma walaupun ya iya sih dia sudah berumur 70-an tahun... Tapi dia khan bukan keluarga dekatnya si perawat (kecuali perawatnya sudah akrab banget itu lain perkara dueh)

Jadi, para ahli Bahasa Indonesia...mohon pertolongannya dong... Tolong ciptakan panggilan yang enak buat para wanita dan pria di tempat umum . Sehingga panggilan itu gak membuat orang yang dituju menjadi kesal dan akhirnya malah jadi canggung suasananya...

2 komentar:

  1. Oh uda bergeser lagi ya panggilannya? Dulu perasaan SPG manggilnya 'Silahkan Kakak'...

    Hmm kalo ada yang manggil 'Bunda' jawab aja 'Apa Panda?" :D

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box