Senin, 07 November 2011

Heboh online interview

Sehubungan hendak berlangsungnya workshop Kampung Fiksi yang menggandeng Evolitera maka gue dan Sari kebagian tugas promosi dan interview. Sebelumnya kita sudah pernah melakukan live interview yang rada tersendat dengan Lala Purwono. Untunglah hasil interviewnya walau tidak banyak tapi dapat menghasilkan artikel yang inspiratif.

Nah, memang sih buat gue lebih aman lewat email ya. Paling enggak yang ditanya tuh bisa menyiapkan jawaban yang panjang dan enak untuk dibaca. Walau tentu lebih seru juga kalau dilakukan dengan live via twitter. So, setelah interview lewat email dengan penulis senior Leila S. Chudori gue lanjut dengan Dhiratara Widhya yang merupakan Co-Founder & Chief Publishing Officer dari PT Evolitera. Mau tau isi interview dengan Dhira bagaimana? Kalau mau tau isinya, tunggu aja tanggal mainnya. Tapi yang ingin gue ceritakan disini adalah kehebohan di balik interview via twitter tersebut.

Pertama-tama, gue kirim lah daftar pertanyaan apa saja yang akan kita tanyakan. Dan membuat janji secara resmi bahwa interview akan dilaksanakan tanggal 3 November 2011 jam 8 malam. Okay. Kalau ada yang nanya kenapa gak langsung ketemu aja interview-nya? Well, kita ketemuan sih di Pondok Indah Mall hari Sabtu tgl 29 Oktober 2011. Tapiii, gue yang blanky mau nanya apa ya kalau langsung begitu? Dan gue malas mempergunakan alat komunikasi untuk merekam semua pembicaraan. Karena yaaa... bayangin aja di tengah mall begitu. Berisik! Semua pembicaraan gak penting di bagian latar pasti ikut kerekam semuanya. Jadi mending seperti ini aja deh. Disiapin dulu pertanyaannya. Dan supaya seru, lewat twitter.

Jadilah hari Kamis itu gue memastikan lagi sama Dhira bisa berlangsung gak interview-nya? Dan dia bilang bisa. Sekitar jam 19.30 gue memulai dengan bio singkat yang sudah dikirimkan oleh Dhira sebelumnya. Dan sekitar pukul 20.00 interview itu pun berlangsung.

Lancar jaya? Tentu... Tapi sepanjang interview itu kami berdua mengambil langkah-langkah sebagai berikut:

1. Dhira berinisiatif memberi nomor pada setiap jawabannya di twitter. Maklum deh, secara kolomnya hanya muat 140 karakter termasuk nama orang yang dituju.
2. Karena jawaban Dhira bisa lebih dari satu kali twit, maka salah satu dari kita akan berkomunikasi dulu lewat BBM ; pertanyaannya berikutnya silahkaaannn
3. Jika ada pertanyaan baru yang tidak ada dari daftar pertanyaan yang sudah gue berikan, maka gue komunikasikan dulu lewat BBM

Saking hebohnya gue dengan langkah-langkah ini, akhirnya ada tiga pertanyaan yang terpaksa ditanyakan offline karena sukses terlewati akibat ada ide pertanyaan baru. Jadi gue biasanya suka ada pertanyaan tambahan hasil olahan jawaban dari pertanyaan sebelumnya, Dan ada pertanyaan yang kita diskusikan lewat BBM untuk tidak jadi ditanyakan karena sudah terjawab full di satu pertanyaan.

Masalah lainnya adalah, gue gak mau ambil resiko untuk melakukan interview dengan laptop. Karenaaa...jaringan internetnya suka dodolipet di malam hari apalagi pas hujan. JAdilah gue berjempol-ria semalamam twitter dan re-tweet lewat BB. Usai interview sekitar pukul 22.00 tangan gue udah pegel abis. Tapi puas deh sama hasil wawancaranya. Kepingin tau sebagian member Kampung Fiksi dan Dhiratara? Tuh, fotonya gue pasang ya :)

Jadi jangan lupa baca-baca interview yang kita lakukan dan tunggu aja update baru dari Kampung Fiksi :)

3 komentar:

  1. Jyahahaaa... Kita keren ^__^ (urat malu gw udah putus muji2 diri sendiri, wkwkwkwk)

    BalasHapus
  2. hahahaha.. KEREEEEEEEEEEEENNNN

    BalasHapus
  3. ohya kita memang udah putus semua kok urat malu-nya :D

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box