Selasa, 01 November 2011

Berbagi ilmu

Masih ngomongin soal WORKSHOP KAMPUNG FIKSI yang sedianya akan diadakan tanggal 26 November 2011 nanti bertempat di BEKASI CYBER PARK.

Sebenarnya gue masih suka bertanya dalam hati, sebesar ilmu yang gue punya kok sebegitu beraninya mendukung diadakannya workshop ini? Karena gue dan member KAMPUNG FIKSI lainnya akan memberikan pelatihan menulis. Mulai dari yang basic banget seperti bikin blog, lalu mengisinya dengan cerita sehari-hari atau topik lainnya. Lalu barulah berlanjut ke latihan penulisan cerpen sampai e-publishing.

Orang mungkin akan melecehkan, halah hari gini ngajarin orang bikin blog. Itu kan gampang? Atau, halah buang-buang duit banget bayar 50rb Rupiah hanya untuk belajar hal yang sepele?

Eits, jangan salah.

Yang kita anggap sepele belum tentu sama bagi orang lain. Buktinya? Ada banyak buku bertebaran yang mengajarkan orang bagaimana membuat blog di blogspot. Atau bagaimana menggunakan blackberry dan alat komunikasi lainnya. Beberapa orang mungkin akan menaikkan alisnya dan mencibir. Begitu aja kok dijadikan buku, emang ada yang mau beli? Well, kenapa enggak? Ada banyak orang yang mungkin ingin membuat blog dan malu bertanya. Jadilah mereka membeli buku-buku tersebut agar mendapat jawaban dari yang ingin mereka cari tahu.

Jadi melihat hal tersebut, mungkin bisa gue bilang gak ada istilahnya ilmu yang terlalu sedikit atau terlalu banyak. Apa yang kita tahu, kenapa juga gak disebarkan ke orang lain? Kenapa sih ilmu itu mesti disimpen sendiri? Selama kita bisa membaginya dengan orang lain, walaupun kapasitasnya masih sedikit ya kenapa tidak?

Kembali ke soal pelatihan, buat yang udah bikin diary dan pengen nyoba online diary...yuks... Kita bikin pelatihan langsung loh! Buat yang ingin mencoba membuat cerpen, hayuks juga... Akan kita berikan kiat-kiatnya di Workshop Kampung Fiksi. Bahkan kita juga akan melakukan simulasi bersama gimana caranya mempublikasikan cerita kita menjadi e-book lewat e-publishing.

Bukankah senang berbagi ilmu?

2 komentar:

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.

Flag Counter

Flag Counter