Selasa, 25 Oktober 2011

Workshop Perempuan Menulis Kampung Fiksi


Kita bikin workshop menulis yuk :) Pas pertama kali gue mendengar usulan tersebut terus terang aja ada rasa males di dalam hati. Soalnya..., gue masih mikir...siapalah gue ini... Siapalah kita ini yang termasuk dalam Kampung Fiksi? Apakah kita benar-benar sudah sanggup berbagi ilmu menulis yang masih super sedikit itu ke orang lain?

Tapi melihat Winda kok giat banget mencari tempat untuk workshop, mendiskusikan bahan workshop...lama-lama jadi mikir. Duh, masa sih Winda aja yang semangat begini. Kenapa gue jadi pesimistis banget ya. Yang kayak pegawai gaji mentok langsung bete kalau menghadapi hal yang baru. Selain ngabisin waktu buat belajar lagi, naek gaji juga enggak. Jadilah, akhirnya gue nanya sebenarnya latar belakang bikin workshop ini apa sih?



Ternyata kenalan Winda yang namanya Pungky sedang mencari dana untuk launching dan menyebarkan buku cerita Peri-peri Bersayap Pelangi (ehm, Winda ikutan nulis juga disini). Buku tersebut renacananya akan disebarkan secara gratis untuk anak-anak tidak mampu di pulau Jawa. Nah, Winda dan Pungky ini berunding gimana cara dapat dana untuk keperluan tersebut dalam waktu yang singkat. Akhirnya Winda mencetuskan ide untuk melakukan workshop tersebut.

Harus gue akui, Winda tuh ide-idenya banyak banget dan bagus untuk acara workshop ini. Dia menyusun acara, mulai mencari pihak yang bisa diajak bekerja sama, dan pada akhirnya perhitungan dana. Ternyata dana yang harus dikeluarkan untuk melaksanakan acara ini lumayan juga ya. Jadi sepertinya kalau kepingin bernapas sedikit harus mencari sponsor untuk kegiatan ini. Dan dasar beruntung, kita punya kenalan Hazmi Srondol yang udah ngeluarin novel komedi berjudul Srondol Gayus ke Itali. Dan serunya lagi, Srondol ini bekerja di Indosat...

Winda dengan gaya eksekutifnya mempresentasikan latar belakang permohonan untuk sponsor tersebut kepada pihak Indosat yang didampingi juga oleh Srondol (padahal katanya dia udah keringet dingin...asli gak keliatan loh) . Kita jelaskan juga bahwa walau tujuan kegiatan ini adalah untuk amal bukan berarti kelar workshop ini lantas tidak ada kesinambungan lain. Karena kita nih, juga kepingin berbagai ilmu dan mengajak para perempuan (ohya maap ya...untuk saat ini workshopnya khusus perempuan aja... Sama sekali gak ada diskriminasi gender) agar menggunakan waktu luangnya dengan menulis. Coba deh bayangin, status-status di Facebook dalam sehari tuh kalau dikumpulin bisa jadi cerpen loh! Makanya untuk workshop kali ini kita mengajak para perempuan untuk menulis. Dimulai dulu dari blogging lalu lanjut menulis cerpen.

Untuk pembicaranya, kalau kalian nebak kita ngajak Srondol, wah...tebakan kalian bener banget! Secara dia adalah contoh bagus seorang blogger yang sukses; didukung oleh kantornya pula (kenapa gue emphasize banget ya bagian yang ini... hihihihih). Lalu biasanya habis menulis orang akan bertanya, trus apa ya selanjutnya? Well, dipublikasikan dong dengan menjadi buku! Dan karena sekarang jamannya orang ber-IPAD maka e-publishing adalah hal yang patut dicoba. Karenanya kita menggandeng Dhira dari Evolitera untuk turut menjadi pembicara di workshop nanti.

Memang kapan sih acaranya? Di selenggarakan di Bekasi Cyber Park tgl 26 November 2011 pada pukul 9 pagi nanti. Biayanya...erhm...masih dalam perdebatan tapi dijamin gak mahal kok :) Sudah dapat merchandise dari Kampung Fiksi, Indosat plus voucher makan...masih bisa berkesempatan mendapat hadiah gadget menarik dari Indosat selaku sponsor. Plus dapat ilmu menulis dan sekaligus beramal juga...

Jadi yang mau ikutan, contact aja kita di kampungfiksi@gmail.com ya...

Ditunggu looooh!

7 komentar:

  1. Daftaaaar, wkwkwkwkwk..... Semogaaaa gw dapat blekberi dan iPad :)))

    BalasHapus
  2. maap, pengisi acara harap modal sendiri ya... hahahaha

    BalasHapus
  3. penyelenggara gk punya blekberi? itu guwweee!!! hahahahahaaaa

    BalasHapus
  4. Hahaha... kasiaaan deh kita *mupeng*

    BalasHapus
  5. gak apa....kan berbagi ilmuuu (sok bijaksana)

    BalasHapus
  6. Wow, keren tuh acaranya! Tp gw nggak bisa ke Jakarta tuh. Dikasih dukungan aja ya. Moga dr workshop itu bisa jadi buku.

    -Rie-

    BalasHapus
  7. Rie, thanks buat supportnya ya

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box