Jumat, 05 Agustus 2011

Foto di internet

Kemarin gue sempat iseng melontarkan pertanyaan via social media tentang upload foto.

Khan sekarang bisa upload foto ke internet dan tag nama orang-orang yang ada di foto itu. Tapi ternyata tidak semua orang suka di tag namanya di dalam foto. Lah gue pernah diomelin abis-abisan sama orang yang gue tag namanya karena gak minta ijin dia dulu...

Dari respond yang gue dapat ada yang bilang sih yah, terserah yang punya foto atuh... Mau diapain kek foto tersebut? Lalu ada yang protes, gak bisa juga begitu. Gimana misalnya kalau tuh foto diambil candid atau tanpa sepengetahuan yang empunya wajah. Jarang yee orang ngambil foto secara candid itu untuk dpt hasil bagus. Biasanya yang lagi bengong, tidur, atau malah pas lagi apes alias jatuh.



Setiap kali kita tag nama orang lain dalam foto kita, maka akan ada notificationnya dan semua orang bisa liat deh foto yang mestinya diumpetin aja dan gak usah diperlihatkan pada publik... Jreng... Kalau dari segi ini sih gue rada ngerti juga dueh...

Tapi akhir-akhir ini gue juga mulai rada males sih upload foto diri sendiri dan orang lain ke internet. Terutama sejak kejadian gue diomelin itu. Pikir-pikir, ah males juga deh pengumuman ke seluruh dunia kalau ini loh gue dengan teman-teman tersayang tengah berada entah dimana di bagian dunia ini. Lagian udah gak ada bagus-bagusnya tuh gue difoto... Huahahaha... Nanti malah bikin jaringan internetnya rusak karena shock ngeliat muka gue...

Makanya gue sekarang pasti minta ijin dulu lah ke temen-temen kalau mau upload foto yang ada diri mereka. Apalagi kalau bakal gue tag namanya. Biasanya sih paling gue bilang, eh gue udah upload tuh. Elo tag sendiri ya nama elo :)
Dan temen-temen yang udah deket sih biasanya pada bilang langsung kalau mereka gak mau fotonya di upload. Atau boleh upload tapi gak usah di tag :)

Jadi kepikiran juga akan muka-muka orang yang keikut keambil sama kamera gue kalau lagi foto buat blog yang bercerita soal angkutan umum. Apa gue harusbikin pengumuman oi ini muka elo keliatan di foto gue... Gak apa ya? Terus gimana kalau muka kita yang ada di fotonya orang lain dan diupload tanpa sepengetahuan kita? Pas lagi manyun pula... (misalnya loh)


Kalau kalian sendiri gimana?

9 komentar:

  1. saya salah satu yg males di tag foto diri maupun dagangan hehehe, tapi gak pake marah2, kalo gak suka ya remove tag aja :-)

    BalasHapus
  2. yah, gitulah Mbak... :D ga semua orang sama

    BalasHapus
  3. Gw terus terang aja suka risih kalo pasang2 foto, kecuali ya cuma diliat sama org2 yg sudah kenal beneran. Ini ada hubungannya dengan privacy juga rasanya.

    BalasHapus
  4. Iya, setelah kena semprot sama temen gue itu kepikiran juga masalah ini. Memang semua orang beda2 lah yauw... Cuman kaget aja pas di komplen soalnya biasanya dia oke2 aja kalau diupload and di tag

    BalasHapus
  5. Gua termasuk yang ngga nyaman ngeliat wajah gua ada di sana sini tanpa 'seijin' gua, huahahaha.. karena gua pikir kalo emang gua pengen 'nampang' di media social, gua bisa upload sendiri kok foto2 gua, ahahahaha :p

    BalasHapus
  6. aku sih ngga jadi masalah. Tapi .... tolong pilih foto yang bagus. Biasanya kalau foto kurang bagus, atau ragu-ragu, aku kirim langsung ke inbox dia. Tapi kalau memang pas pergi bareng-bareng dan ada orang lain juga (berbanyak, bukan berdua saja) aku upload aja. Untung selama ini belum pernah ada yang komplain.

    BUT soal foto2 org lain (umum) yang diambil di angkutan umum atau acara apapun di Jepang HARUS seijin yang punya wajah. Kalau terpaksa upload pasti diblurkan. Itu sudah peraturan di sini. Makanya kadang aku jadi risi sendiri melihat orang-orang seenaknya foto di angkutan umum Indonesia dan upload ke FB. Kalau di Jepang bisa dibawa ke pengadilan loh, jika dia tahu bahwa wajahnya difoto. Apalagi soal korban jenazah tuh, di Jepang mah tabu! Gatel juga jadinya pengen kasih tahu... tapi males juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wohooo, baru tau mengenai masalah ini. Baru akhir2 ini gue bikin blur foto org2 yg kena di dalam foto . soalnya kepikiran kayaknya gak pantes juga yah... Ternyata di Jepang malah sampai ada hukumnya yg terang2an menyatakan hal itu forbidden. Thanks for the info yah

      Hapus
  7. kalo aku sih asal fotonya bagus ya seneng2 aja ditag. Tp kalo fotonya lagi bobo plus ileran ya pasti aku hajar yg ngaploadnya.

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box