Jumat, 07 Januari 2011

Bersatu dan Pecah

Gue kemarin membaca pembahasan menarik mengenai beberapa ayat di Alkitab, yang malunya gue lupa detailnya ayat - ayat tersebut tapi kurang lebih gue ingat lah pembahasannya.


Apa yang menyebabkan orang bersatu? Terkadang orang mengesampingkan perbedaannya karena mereka mempunyai tujuan yang sama. Ingat gak jaman kemerdekaan dulu ketika rakyat Indonesia yang berbeda suku tidak memusingkan asal mereka yang penting bersatu menyingkirkan penjajah? Dan sukses kan akhirnya Indonesia memperoleh kemerdekaan?

Tapi setelah penjajah pergi lalu apa yang terjadi? Yah, liat aja sekarang... Orang sepertinya kehilangan tujuan dan akhirnya saling ribut sendiri karena apapun yang mempersatukan mereka sudah hilang.


Atau pas orang married kan sumpahnya untuk bersama dalam susah dan senang. Pas lagi susah mah akur minah... Saling sayang menyayangi. Begitu ada rejeki akhirnya suami istri itu jadi sibuk mengejar karir dan lupa tujuan utama membangun rumah tangga. Bubar dah...
Bisa juga terbalik... Pas lagi senang rukun bahagia, begitu ada masalah menghantam yang terjadi adalah bukannya saling mendukung tapi keduanya memutuskan untuk berpisah...

Mungkin pada intinya orang harus selalu mengingat apa yang menjadi tujuan awal persatuan tersebut dan jangan melupakan jika terjadi masalah di kemudian hari...

Easier to be said than done, don't u think?

5 komentar:

  1. ya... easy to said.
    Kalau bisa yang di harapkan adalah 'persatuan' yang kekal. dan untuk mengalangnya saya rasa bukan hanya harus mempunyai tujuan yang sama tapi juga harus ada landasan yang kokoh yang bisa menjadi benteng pelindung dari hal2hal yang bisa menjadi motif untuk terjadinya perpecah belahan. seperti tengang rasa dan saling percaya. Jaman sekarang orang kan cenderung untuk lupa diri dan kehilangan jati diri. Sedikit saja situasi/ kondisi berubah... langsung kehilangan arah, saling curiga dan mudah di pecah bela.... terkadang klu di pikir2 seperti ada nilai2 yang hilang dalam masyarakat sekarang ... tapi entah apa..

    Btw, sorry klu kepanjangan.. sekalian numpang membebel.. hehehe
    salam sukses selalu..

    BalasHapus
  2. hahaha, iya nih komennya ampir sepanjang postingannya...
    Tapi emang iya sih... selain inget tujuan awal juga harus punya landasan yang kokoh... Mungkin sama kayak persahabatan dan kerja sama dalam bekerja...

    BalasHapus
  3. Gue berpendapat semua pertemuan harus ada perpisahan....

    Soalnya bila yang akan terjadi saja.

    Dalam panca roba menjalani kehidupan, terkadang pemikiran dan kebutuhan kita akan berubah akibat pengaruh di sekitar.

    Orang yang kita dampingi waktu muda mungkin tidak kompatibel lagi di masa tua atas sebab-sebab tertentu.

    Semua pihak yang terlibat tidak menyenangi perubahan yang terjadi, tetapi demi kebahagiaan semua, perpisahan / perceraian tidak terelakkan.

    BalasHapus
  4. Isi ayatnya intinya gimana? Tentang persatuan yang harus dijaga? Share dong :)

    BalasHapus
  5. @Bear Wife yang gue maksud disini adalah bagaimana suatu keadaan membuat persatuan yang baik itu bisa jadi bubar jalan...

    @Neta
    Ini pembahasan dari Ulangan 3: 18 - 22

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box